Jumat, 19 April 24

Kemenag Gandeng BPS Survei Kepuasan Jemaah Haji

Kemenag Gandeng BPS Survei Kepuasan Jemaah Haji
* Badan Pusat Statistik (BPS) siap melakukan survei kepuasaan layanan haji yang diterima jemaah. (Foto: Kemenag)

Makkah – Untuk mengukur tingkat kepuasan jemaah haji terhadap layanan yang diberikan pemerintah, Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS) mengadakan Survei Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (SKJHI) Tahun 2018. Selain itu, survei ini juga bertujuan untuk memperoleh data dan informasi terkait pelayanan yang diperoleh jemaah selama melaksanakan ibadah haji.

Hal ini diungkapkan petugas BPS, di Prawoto  saat ditemui di Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah, Al Adel, Makkah, Rabu (25/7/2018). Menurut Edi, ada tujuh pelayanan yang akan dinilai. Yakni pelayanan petugas haji, ibadah, transportasi bus, akomodasi (hotel/tenda), katering, kesehatan dan pelayanan lain-lain.

“Tidak seluruh jemaah akan menjadi responden survei ini, total sebanyak 14.400 jemaah yang akan diambil survei mewakili 221 ribu jemaah haji kita,” kata Edi seperti dikutip Obsessionnews.com dari situs Kemenag, Kamis (26/7).

Ia menjelaskan sampel tersebut diambil dari seluruh populasi jemaah haji Indonesia dengan teknik probability sampling.

“Penggunaan teknik ini bertujuan agar data yang dihasilkan dapat merepresentasikan seluruh jemaah haji, dan bukan sekadar studi kasus saja,” tandasnya.

Alur survei yang dilakukan sebagai berikut: Pertama, jemaah haji dari regu terpilih akan menerima kuosioner dari ketua regu masing-masing. Kedua, kuesioner diisi sesuai petunjuk yang ada. Ketiga, kuosioner yang telah diisi lengkap dikembalikan kepada ketua regu. Keempat, ketua regu memasukkan kuosioner yang telah diisi ke dalam amplop besar. Kelima, ketua regu menyerahkan dokumen hasil pengisian kepada ketua kloter. Dan keenam, ketua kloter menyerahkan ke petugas di sektor.

Sebelumnya Kemenag mematok kenaikan target perolehan indeks kepuasaan jemaah. “Pada tahun ini kita menargetkan indeks kepuasan jemaah capai 85 persen,” ungkap Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Nizar Ali beberapa waktu lalu saat pelatihan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Menurut Nizar, indeks kepuasan jemaah terus meningkat tiap tahun. Tahun 2014 misalnya mencapai 81,52 persen, setahun berikutnya 82,67. “Sementara 2016 capai 83,83 persen dan pada 2017 capai 84,85 persen,” ujar Nizar. (red)

 

Baca juga:

Katio Simanjuntak Jemaah Ketujuh Wafat di Tanah Suci

Makanan Jemaah Haji Bercita Rasa Nusantara

Haji Pererat Hubungan Bilateral Saudi-Indonesia

Layani Jemaah Haji dengan Sepenuh Hati

Pemerintah Pastikan Makanan untuk Jemaah Haji Sakit Terjamin

394 Bus Sholawat Siap Layani Jemaah Haji Indonesia

Bukan Isapan Jempol, Hotel Jemah Haji Selevel Bintang Lima!

Kadaker Makkah Ingatkan Petugas Haji Jangan Kebanyakan Swafoto

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.