Sabtu, 20 Agustus 22

Kemenag Atur Speaker di Masjid dan Musala, Sakinah: Aturan yang Tidak Bijak

Kemenag Atur Speaker di Masjid dan Musala, Sakinah: Aturan yang Tidak Bijak
* Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sakinah Aljufri. (Foto: Humas Fraksi PKS DPR RI)

Jakarta, obsessionnews.com – Aturan baru yang diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag) mengenai penggunaan pengeras suara (speaker) di masjid dan musala dihujani kritik. Salah seorang yang ikut mengkritik adalah anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sakinah Aljufri pun turut berkomentar.

 

Baca juga:

Upaya Tingkatkan Ketenteraman, Menag Terbitkan Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala

Bukhori Kritik Kebijakan Kemenag tentang Panduan Pemakaian Pengeras Suara

 

 

“Aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama tentang pedoman penggunaan pengeras suara di masjid dan musala terlalu berlebihan dan tidak bijak,” ujar Sakinah, dikutip dari website Fraksi PKS DPR RI, Rabu (23/2/2022).

Dia menyebutkan tidak semua daerah bisa disamakan semua speaker masjid dan musalanya. Pemerintah juga harus memperhatikan kearifan lokal daerah tertentu.

“Kalau masyarakatnya mayoritas muslim, tentu peraturan ini tidak pas karena bisa jadi lambat laun justru akan menghilangkan syiar agama Islam,” tutur legislator asal Sulawesi Tengah ini.

Sakinah mengungkapkan seharusnya aturan tentang pengeras suara tidak hanya berlaku untuk agama tertentu.

“Kenapa yang diatur oleh pemerintah hanya agama tertentu saja? Seharusnya tidak hanya berlaku untuk agama tertentu, khusus untuk masjid dan musala saja. Akan tetapi harus berlaku untuk agama dan tempat ibadah lain,” ujarnya.

Sakinah menyarankan agar Kementerian Agama memberikan bantuan peralatan pengeras suara kepada semua masjid dan musala di Nusantara.

“Saya justru menyarankan kepada Kementerian Agama daripada mengatur suara speaker masjid dan musala, lebih baik memberikan bantuan seperangkat speaker untuk seluruh masjid dan musala di Nusantara dan memberikan pelatihan kepada teknisi speaker masjid agar suaranya merdu dan enak didengar,” tandasnya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.