Senin, 18 Oktober 21

Keluar Dari Zona Euro, Drachma Bisa Bangkit

Keluar Dari Zona Euro, Drachma Bisa Bangkit

Jakarta, Obsessionnews – Yunani sudah mengambil keputusan bulat-bulat dengan menolak bailout dari Uni Eropa. Lantas, apa yang selanjutnya bakal terjadi ?

Sebelumnya, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras bilang kalau penolakan akan mendongkrak posisi tawar Yunani di meja perundingan. Sementara pejabat di zona euro menduga bahwa negosiasi bakal mandek dan referendum berhasil nihil.

Seperti dilansir Washington Post, mata uang drachma kembali digunakan menggantikan euro. Diduga, nilainya bakal terpuruk hingga memicu inflasi dua digit. Barang impor seperti makanan dan minyak kemungkinan besar akan dijatah, dan perusahaan yang berhutang dalam mata uang euro berpotensi bangkrut, sementara pemerintah harus menyeimbangkan anggaran dalam semalam.

Situasi pun diperkirakan bakal lebih buruk ketimbang saat referendum belum digelar. Apalagi, pengangguran di sana sudah menyentuh angka 25% dari total penduduk.

Kekhawatiran besar juga muncul di tengah masyarakat akibat pengetatan ekonomi. Perekonomian yang hancur, dapat pula memicu kerusuhan massal.

Keluarnya Yunani dari zona euro merupakan kerugian besar bagi eropa. Sebab, 240 milyar euro bakal hilang begitu saja karena negeri dewa tak sanggup membayar hutang. Selain itu, 89 milyar euro hutang dari ECB untuk Yunani juga hilang.

Keluarnya Yunani dari zona euro memang belum diatur oleh Uni Eropa. Ini pun dikhawatirkan menular ke negara-negara peminjam lainnya seperti Spanyol, Italia dan Portugal. Beruntung, ECB sudah mengantisipasi dengan membeli obligasi dari negara tersebut dan berjanji memborong untuk menjaga suku bunga tetap rendah.

Kemungkinan lain akibat krisis di Yunani adalah nilai tukar euro terjun bebas. Ketakutan lain adalah, bangkitnya drachma setelah meninggalkan Uni eropa. Sebab ini bakal memberi angin bagi parta anti penghematan untuk mendorong negaranya keluar dari zona euro. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.