Jumat, 25 September 20

Kelompok Tombo Kangen Meriahkan Ketoprak HUT ke-75 RRI

Kelompok Tombo Kangen Meriahkan Ketoprak HUT ke-75 RRI
* Kethoprak Tombo Kangen. (Foto: Ist)

Jakarta, Obsessionnews.com — Kelompok Tombo Kangen, ketroprak yang disutradarai seniman tradisional Kirun masih terus membuat kangen meskipun bertebaran tontonan.

Menghilangkan kepenatan akibat pandemi virus Corona (Covid-19) yang telah berlangsung selama enam bulan terakhir, malam ini mereka akan hadir memberikan tontonan segar.

Mengambil lakon “Sekartaji Bakul Jamu”, mereka akan beraksi membawakan ceritera legenda.

Menurut asisten Sutradara, Sentot “kisah ini bercerita tentang seorang prameswari yang tersingkir oleh sang raja yang punya selir baru”

“Agus Marsudi, yang tak lain dari suami Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga akan mengambil peran dalam pagelaran Ketoprak menyambut hari ulang tahun ke-75 Radio Republik Indonesia ini,” tambah Sentot pada Rabu (09/09/2020).

Dikisahkan “sang selir baru raja ini ternyata sudah diberi guna-guna oleh gurunya untuk memikat Prabu  Kameswara sehingga pikirannya jauh dari sang Permaisuri, Sekartaji”.

Semua perhiasan diberikan kepada sang Selir baru raja oleh Sekartaji. “Kecuali satu yang tidak diberikan. Yakni Tusuk Konde,” ujar Sentot. 

Kenapa Tusuk Konde tidak ikut diberikan ? jawabannya bisa ditonton malam ini yang diiringi Karawitan Seni Jawa RRI Jakarta, Kirun dan kawan kawan mempersembahkan dongeng (yang tentunya dengan penuh humor,red) itu kepada para pendengar seluruh Indonesia melalui RRI Programa 4 mulai pukul 20.00 – 22.00 WIB di Auditorium Abdurahman Saleh Gedung RRI Jl. Merdeka Barat No. 4 dan 5 Jakarta Pusat pada Rabu (09/09/2020).

Pagelaran Ketoprak ini juga bisa ditonton melalui RRI Net dan channel youtube: https://youtu.be/ZJS3TcZNhiA.

Pagelaran Ketoprak Tombo Kangen ini tentunya melalui protokol kesehatan yang ketat dimusim pandemi seperti sekarang ini.

Anggota Dewan Pengawas LPP RRI, Dwi Hernuningsih yang akrab disapa Nuning, juga akan ikut main ketoprak bareng Kirun.

RRI Berulang Tahun 

Tahun ini Radio Republik Indonesia  akan memasuki usia 75 tahun. Usia 75 tahun merupakan usia matang untuk sebuah lembaga penyiaran, yang diawal pembentukannya lebih berorientasi pada radio perjuangan.

Pagelaran Ketoprak bersama Kirun adalah salah satu program spesial menuju puncak peringatan pada 11 September 2020 mendatang.

Sebelumnya pada Senin 7 September 2020 kemarin, sudah berlangsung Jazz Nite yang menghadirkan sejumlah penampil seperti Madame & Toean, Citra Scholastika dan  Payung Teduh.

Sementara pada acara puncak, Jum’at 11 September 2020 nanti akan diselenggarakan  Penyulutan Obor Tri Prasetya RRI pada pukul 08.00 – 10.30 WIB.

Acara ini menampilkan Rossa, Yudika, Ike Nurjanah, Didik Ninik Towok, Andi Rizka Fadilah Malaranggeng, musisi pengiring : Aminoto Kosin dan Paduan Suara RRI. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.