Minggu, 14 Agustus 22

KEK MBTK Pemicu Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan

KEK MBTK Pemicu Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan
* Gubernur Kalimantan Awang Faroek Ishak. (foto: Sutanto/Men's Obsesion)

Jakarta, Obsessionnews.com – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak menegaskan, kawasan ekonomi khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) di Kutai Timur akan menjadi pusat penghiliran kelapa sawit dan batu bara untuk ke depannya.

“Luas lahan KEK diusulkan 1.000 hektare dan lahan yang sudah dibebaskan sekitar 518 hektare,” ungkap Awang seperti dikutip dari Bisnis Indonesia, Rabu (28/2).

Hal tersebut seiring dengan perhatian pemerintah pusat terhadap kawasan ekonomi khusus di Kaltim, terutama untuk memaksimalkan potensi KEK MBTK.

Dia mengungkapkan pabrik yang sudah beroperasi di Kaltim. mencakup pabrik’ kelapa sawit berkapasitas 60 ton per jam, pabrik inti Sawit kapasitas 100-300 ton per jam, 6 sarana tangki timbun crude palm oil (CPO) dan crude palm kernel oil (CPKO) kapasitas total 48. 000 ton, waduk 45 hektare, dan pelabuhan khusus serta perumahan.

Dia menjelaskan seluruh proyek itu telah menelan investasi lebih dari Rp2,05 trilliun sejak 2011 -2018, terdiri APBD sekitar Rp846, 6 miliar dan APBN sebesar Rp1,2 trilliun. “Kami minta Dewan Nasional KEK mendukung pembangunan dan pengembangan kawasan ekonomi khusus di Kaltim,” tuturnya.

Di tengah upaya itu, Gubernur pun menyanggupi keinginan Dewan Nasional KEK agar dalam 2 bulan KEK MBTK sudah memiliki sertifikasi lahan, sarana air baku dan air bersih, pintu gerbang dan batas kawasan, standar pelayanan pengelola termasuk tata tertib kawasan.

Menurut Awang, sertifikasi lahan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan keberadaan sarana pendukung lainnya juga telekomunikasi akan memberikan kepastian bagi investor yang akan berinvestasi di Maloy. “KEK menjadi pendorong sekaligus pemicu pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kalimantan,” katanya.

Pemerintah daerah juga meminta agar Perpres No. 91/2017 benar-benar diimplementasikan di kawasan Maloy terutama dalam memberikan kemudahan berinvestasi di daerah. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.