Senin, 17 Januari 22

Kejati Jateng Lakukan Media Gathering Dengan Workshop

Kejati Jateng Lakukan Media Gathering Dengan Workshop

Semarang, Obsessionnews – Jika biasanya media gathering yang diselenggarakan instansi pemerintahan berupa wisata, hal berbeda justru ditunjukkan lembaga Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dengan mengadakan workshop nasional bagi pewarta berita.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB itu dihadiri oleh tiga narasumber yakni Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat, Wina Armada Sukardi, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kabuspenkum) Kejagung RI, Tony Spontana dan Rektor Undip Semarang, Prof Yos Johan Utama.

Kegiatan workshop membahas sinergi antara Kejaksaan dengan media sebagai pembuat berita. “Beritakan secara akurat, tanggungjawab dan berimbang. Karena bagaimanapun juga kami (penegak hukum) harus bersinergi dengan media massa” tutur Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Hartadi saat sambutan Media Ghatering dan Workshop Nasional dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa Ke-55 di Hotel Gumaya, Selasa (28/7)

Menurutnya, jurnalis bisa bersinergi dengan Kejati. Sehingga dalam pemberitaan mampu berkualitas dan berimbang. “Keterbukaan boleh tapi bukan buka-bukaan. Artinya, sampaikan berita dengan terbuka jangan menutup-nutupi atau memihak salah seorang demi kepentingan tertentu,” ucapnya.

Sedangkan Wina berujar, jika kedua belah pihak melakukan fungsi masing-masing, maka tercipta simbiose multualistis yang berujung pada kemanfaatan publik.

“Kejaksaan dapat memanfaatkan pErs untuk mengungkap fenomena sebuah kasus. Terlebih pemanfaatan itu selain efektif juga lebih murah,” terang dosen Tarumanegara itu.

Begitu juga dengan Prof Yos Johan Utama mengiyakan. Peran pers tidaklah jauh dari prinsip publik. Dirinya menilai media berfungsi ‘menakut-nakuti’ orang sekaligus membawa kabar baik. “Membuat takut orang yang ingin korupsi misalnya, namun juga memberikan pendidikan bagi masyarakat luas,” terang Rektor Undip tersebut.

Para peserta seminar yakni Kepala Kejaksaan Negeri se-Jateng dan wartawan kemudian mengajukan beberapa pertanyaaan saat forum tanya jawab berlangsung. Acara ditutup dengan penyerahan plakat kepada ketiga narasumber. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.