Selasa, 30 November 21

Keindahan Sungai Kapuas Seperti Sungai Lyon Prancis

Pontianak, Obsessionnews – Anda tahu tentang sungai Kapuas? Mudah kok untuk mengetahui tentang sungai Kapuas. Cukup buka buku pengetahuan tentang geografi wilayah di Indonesia ataupun browsing di internet. Tetapi cara itu tidak memberi kepuasan tersendiri bila belum berkunjung ke tempatnya, yaitu Kota dengan julukan Equator.

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km. Sungai Kapuas terletak di Kota Pontianak Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Sungai Kapuas sungguh menjadi kebanggaan masyarakat Kota Pontianak yang notabene penduduknya Mayoritas Suku Melayu dengan sebutan lainnya Kota dengan seribu Parit.

Jika dilihat dari segi pendapatan daerah, Kota Pontianak tidak memiliki kekayaan alam yang berlimpah seperti Kabupaten-kabupaten yang ada di Kalbar. Tahu dengan kekurangan yang ada, karenanya Kota Pontianak memaksimalkan Pendapatan Kota dari perdagangan, jasa dan pariwisata.

Tidak ayal jika kita melihat perkembangan tiap tahunnya Kota Pontianak semakin berbenah mulai dari pembangunan Hotel-hotel berbintang, bandara, pelabuhan laut dan peti kemas, pusat-pusat jajanan dan souvenir, tempat-tempat pariwisata dan wisata sejarah budaya keraton Kadriyah, masjid Jami’, museum, rumah-rumah adat, water front city dan lainnya.

Banyaknya peluang dan potensi yang harus dikembangkan seiring dengan kemajuan Kota Pontianak. Hal tersebut menarik minat Pemerintah Kota Lyon Prancis untuk bekerjasama dalam hal pengembangan wisata air sungai kapuas.

Sungai Kapuas Kota Pontianak memiliki kemiripan karakteristik dengan sungai yang ada di Kota Lyon, Prancis. Potensi sungai terpanjang di Indonesia ini mulai dilirik pemerintah pusat untuk dikembangkan menjadi obyek wisata yang mampu menarik minat wisatawan. Ucap Walikota Pontianak, H. Sutarmidji, SH, M.Hum Rabu (8/4).

Menurutnya, Presiden RI  Ir. Joko Widodo juga pernah menyatakan ketertarikannya dengan Sungai Kapuas sehingga pinggiran Sungai Kapuas akan dikembangkan menjadi obyek wisata yang menarik ke depannya dalam mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Pontianak dan Kalimantan Barat (Kalbar) umumnya,” tambahnya.

“Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah membangun waterfront mulai dari Taman Alun Kapuas hingga ke Pelabuhan Seng Hie,” ujarnya.

Dikembangkannya kawasan pinggiran Sungai Kapuas, bukan tidak mungkin keindahannya tidak kalah dengan sungai yang ada di Kota Lyon, Prancis. Keindahan Suangai Kapuas akan lebih menarik Wisatawan baik domestik maupun mancanegara  karena keunikan sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

“Nantinya di sepanjang pinggir Sungai Kapuas juga terdapat gertak atau jembatan yang terbuat dari kayu yang menjadi ciri Khas masyarakat melayu tempo dulu, di sisi sungai juga terlihat berbagai kemegahan bangunan bersejarah yakni Istana Kesultanan Pontianak, Masjid Jami’, Tugu Khatulistiwa dan Jembatan Kapuas,”  paparnya.

Water Front City Sungai Kapuas dengan latar kapal Penyeberangan.
Water Front City Sungai Kapuas dengan latar kapal Penyeberangan.

Pemkot telah melakukan berbagai pembenahan di sepanjang pinggiran Sungai Kapuas. Salah satunya pengembangan kawasan waterfront city di Taman Alun Kapuas yang dilengkapi dengan fasilitas air mancur, taman bermain keluarga, pusat jajanan, pasar malam, tempat nonton bareng, kapal penyebrangan, kapal pariwasata, hotel, tribun penjunjung serta berbagai fasilitas lainnya.

“Pengembangan kawasan alun-alun kapuas tersebut semakin dirasakan pengunjung setiap sore hingga malam hari untuk bersantai dan melepas penat untuk menikmati keindahannya,” lanjutnya.

Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Pontianak, list segera tempat-tempat yang akan disinggahi. Tapi kiranya, Taman Alun-alun Kapuas menjadi referensi utama bagi anda yang berkunjung dengan lokasi yang strategis terletak di tengah-tengah kota dan di pinggir Sungai Kapuas.

“……. Sungai Kapuas Punye Cerite, bile kite minum aiknye, walaupun pergi jauh kemane, tetaplah lah susah nak melupakkannye ……  Hey Kapuas, Hey Hey Kapuas ……”. “(Sungai Kapuas Punya Cerita, Bila Kita Minum Airnya, Walapun Pergi jauh Kemana, Tetaplah susah untuk melupakannya)”.

Itulah Penggalan Bait Lagu daerah yang berjudul ‘Sungai Kapuas’, lagu yang penuh daya tarik untuk wisatawan. Penasaran dengan keindahan dan kenyamana Sungai Kapuas dan Kota Pontianak. (Saufi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.