Jumat, 26 April 24

Kedubes AS akan Mewisuda Siswa di Unsoed

Kedubes AS akan Mewisuda Siswa di Unsoed
* Tuti Purwati

Purwokerto – Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, melaksanakan Access Program yaitu Program dari RELO US Embassy yang setiap tahun diadakan di 5 sites di Indonesia. Purwokerto baru terpilih menjadi lokasi pertama kali di tahun 2017 bersama-sama dengan Jambi, Balikpapan, Manado, dan Kepulauan Seribu (Jakarta).

Koordinator Access Program Site Purwokerto, Tuti Purwati SS MPd memaparkan, Access Microscholarship merupakan sebuah program beasiswa kursus / belajar bahasa Inggris di Kabupaten Banyumas selama 2 tahun bagi siswa SMA dan SMK dari latar belakang ekonomi yang kurang beruntung.

Di Purwokerto sendiri, program tersebut adalah salah satu hasil kerja sama antara Regional English Language Office (RELO) Kedutaan Besar dan Konsulat Amerika Serikat sebagai fasilitator program, Universitas Indonesia (UI) sebagai salah satu provider yang menangani Access Microscholarship program di Indonesia, dan FIB Unsoed sebagai tempat pelaksanaan Access Purwokerto.

Menurut Tuti, sebanyak 60 siswa angkatan pertama program Access Microscholarship Purwokerto yang terdiri dari 20 mahasiswa dan 40 siswa SMA – SMK di Banyumas, telah menjalani kursus sejak November 2017 hingga awal Agustus 2019.

Tuti Purwati

“Selama mengikuti program, siswa tidak hanya difasilitasi belajar bahasa Inggris di dalam kelas, namun juga berbagai macam kegiatan di luar kelas seperti Workshop Tourguide, Camping, Holiday Program, serta diskusi film dan topik-topik seperti Pernikahan Anak, Feminisme, Bullying, Perang Sipil, dan lain sebagainya,” jelas papar Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FIB Unsoed, Sabtu (14/9/2019).

Keenam puluh siswa akan diwisuda pada Senin (16/9/2019). Tidak hanya seremonial wisuda, exit test untuk siswa Access Purwokerto dan berbagai macam pertunjukkan juga akan ditampilkan dalam rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada 15 – 16 September 2019 pukul 12.30 WIB bertempat di Aula Gedung D Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unsoed Purwokerto, jelasnya.

Sementara Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir Alief Einstein M.Hum mengungkapkan, berdasar informasi yang diterima Unsoed bahwa dari Jakarta yang akan hadir adalah Emily Abraham, Wakil Attaché Kebudayaan, Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta (Assistant Cultural Affairs Officer, U.S. Embassy Jakarta), Catur Wahyudi.

Selain itu, lanjutnya, hadir juga Catur Wahyudi (Regional English Language Office Assistant U.S. Embassy, Jakarta) dan Sisilia S Halimi PhD (Manager Kerjasama, Ventura, dan Alumni Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI). (*)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.