Sabtu, 25 Januari 20

Kedepankan Dialog, Bukan Kekerasan

Kedepankan Dialog, Bukan Kekerasan

Oleh: Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung

Berorganisasi adalah cara dan wadah untuk mencapai tujuan bersama dengan cepat dan baik. Jika ada perselisihan antar organisasi atau kelompok masyarakat, maka kedepankan dialog, bukan kekerasan.

Masalah tidak pernah selesai jika kekerasan dibalas dengan kekerasan, dan dibalas lagi dengan kekerasan, apapun alasannya. Jika terdapat pelanggaran hukum, mari selesaikan dengan koridor hukum.

Semoga Front Pembela Islam (FPI) maupun Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dan ormas lainnya bisa membuka diri untuk berdialog dan silaturahim. Kebencian adalah penyakit hati. Tidak baik untuk kesehatan dan rohani kita. Persoalan hukumnya kita serahkan sepenuhnya kepada aparat hukum. Percayakan penyelesaian hukum kepada kepolisian sesuai dengan tupoksinya.

Negeri ini tidak akan maju ke mana-mana, jika semua masalah diselesaikan dengan kekerasan. Semoga Allah SWT menyejukkan hati warga Indonesia dalam berbangsa dan bernegara di negeri yang indah ini. Semoga Allah SWT memberkahi Nusantara ini, di mana umaro dan ulamanya selalu kompak dan bersatu.

Indonesia harus dikenal sebagai negara penuh karya, bukan negara penuh perkara. Mari dengan semangat tinggi namun dingin hati kita perjuangkan. (*)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.