Rabu, 12 Agustus 20

Kedaulatan Data Sangat Penting untuk Bangun Ekonomi Digital ke Depan

Kedaulatan Data Sangat Penting untuk Bangun Ekonomi Digital ke Depan
* Bagaimana Artificial Intelligence (AI) dapat mempengaruhi hak cipta. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.comAsosiasi atau organisasi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) didorong untuk membuat panduan mengenai batasan kemiripan substansial atas suatu karya di bidangnya masing-masing. Sehingga dapat mengantisipasi karya yang dibuat aplikasi Artificial Intelligence (AI) dari ‘DNA’ karya-karya yang sudah ada. Sehingga hasil apapun yang ada di pasar baik dari pribadi ataupun AI sudah dapat diklasifikasi apakah melanggar hak cipta atau tidak.

Untuk itu pemerintah harus merespons perkembangan teknologi, khususnya yang mendorong inovasi ekonomi digital. Sehingga nantinya tidak ketinggalan jauh dari perkembangan teknologi dalam membuat kebijakan hukum dan regulasi. Segala hal soal dampak positif dan negatif dapat diantisipasi dengan adanya produk hukum yang melindungi dari dekat.

Baca juga: Kemenparekraf Dorong UMKM Parekraf Maksimalkan Bantuan Insentif Pemerintah

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Freddy Harris menyebutkan, hukum akan selalu berkembang dan mengikuti perkembangan yang ada.

Ia pun menilai AI ke depan dapat menjadi subyek hukum yang sama dengan perorangan maupun badan hukum-korporasi karena memiliki fungsi-fungsi yang sama seperti pembawa hak, pemilik hak ekonomi, pemilik hak moral, pemilik hak terkait, dan lainnya.

“Seseorang bisa didenda, dikenakan ganti rugi, dan lainnya. Hanya saja saat ini ‘rumah’ atau aturannya belum dibuat. Tapi kita akan ke sana, mari kita pikirkan kemungkinan bahwa AI bisa menjadi subjek hukum masa depan,” kata Freddy dalam keterangan tertulis Kemenparekraf, Kamis (2/7/2020).

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, perkembangan ekonomi digital ke depan harus dapat diimbangi dengan kemampuan peningkatan keamanan data. Ini menjadi salah satu poin penting yang harus dapat diantisipasi seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk di sektor ekonomi kreatif, dalam transformasi dunia digital.

Baca juga: AI Merupakan Teknologi yang Patut Diantisipasi Perkembangannya oleh Pelaku Ekraf

“Kedaulatan data juga hal krusial karena menyangkut ekosistem ekonomi digital, kedaulatan data sangat penting untuk membangun ekonomi digital ke depan,” ujar Wishnutama.

Indonesia harus benar-benar bisa mewujudkan kedaulatan data agar potensi lokal bisa lebih kompetitif dan dapat bersaing dengan berbagai platform digital atau produk buatan luar.

“Diharapkan ada masukan mengenai hal-hal yang perlu dikembangkan ke depan dalam bentuk regulasi dan kebijakan di Indonesia dalam mengantisipasi perkembangan ekonomi digital ke depan,” kata Wishnutama. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.