Minggu, 2 Oktober 22

Kecil, Ahok Hanya Dituntut Satu Tahun Penjara

Kecil, Ahok Hanya Dituntut Satu Tahun Penjara
* Terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama.

Jakarta, Obsessionnews.com – ‎Jaksa penuntut umum menyatakan ‎terdakwa perkara penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, bersalah dan terbukti menistakan agama. Namun, pihak jaksa hanya ‎ menuntut ‎hukuman pidana kurungan penjara selama satu tahun.

“Maka kami menuntut majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara untuk menjatuhkan hukuman pidana satu tahun kurungan penjara dan hukuman percobaan selama dua tahun terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama,” kata jaksa penuntut umum di ruang sidang PN Jakarta Utara yang digelar di aula gedung Kementerian Pertanian, Kamis (20/4/2017).

Dalam surat tuntutannya, jaksa menilai Basuki Tjahaja Purnama telah terbukti melanggar Pasal 156 KUHP tentang penodaan agama. Dan dalam persidangan, jaksa menilai perbuatan terdakwa telah memenuhi semua unsur yang ada dalam dakwaan.

Sayangnya, tuntutan itu sangat kecil. Sebab, dalam pasal 156 K‎UHP derdakwa kasus penistaan agama diancam dengan hukuman empat sampai lima tahun penjara. Namun, pihak jaksa menilai tuntutan itu sudah memenuhi unsur pelanggaran pidana yang dilakukan Ahok. “Semua unsur pidana secara hukum telah terpenuhi,” kata jaksa.

‎Selanjutnya hakim memberi kesempatan kepada terdakwa untuk mengajukan tanggapan atas tuntutan jaksa. Ini baru akan disampaikan pada sidang berikutnya, Selasa 25 April 2017. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.