Kamis, 25 April 24

Kecelakaan Maut Bus Kramat Jati vs Truk Tangki, Enam Tewas

Kecelakaan Maut Bus Kramat Jati vs Truk Tangki, Enam Tewas
* suasana di lokasi pasca tabrakan

Semarang, Obsessionnews – Kecelakaan maut antar kendaraan berat kembali terjadi. Kali ini, sebuah bus Kramat Jati berpenumpang 56 orang menabrak truk bermuatan amoniak, di Beton Lingkar Selatan Desa Sentul, Gringsing, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Kecelakaan merenggut sedikitnya merenggut nyawa 6 orang.

Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Batang, AKBP Joko Setiyono menjelaskan kecelakaan bermula saat truk bernopol W 9233 UN dari timur hendak memutar arah. Dari jalur bersamaan, bus Kramat Jati bernopol B 7075 TGB melaju kencang dan langsung menabrak tubuh truk yang menutupi jalan.

“Sementara untuk kejadian secara detail masih dalam penyelidikan. Kronoligisnya bahwa truk ini kemungkinan akan membalik arah kemudian bis Kramat Jati dan menabrak truk,” tuturnya.

Bagian depan truk ringsek, sedangkan bus terguling melintang di jalur jalan satunya. Evakuasi bangkai bus memakan waktu cukup lama karena kondisi medan yang gelap. Sedikitnya 6 orang tewas di lokasi, dan 43 lainnya dibawa ke Rumah Sakit Weleri untuk diberi perawatan. Korban tewas diamankan di RS Islam Kendal dan RSUD Soewondo. Dua diantaranya belum bisa diidentifikasi.

“Sementara ini petugas kami sudah melakukan pengaturan di jalan. Untuk bis-bis yang jalan di jalanan kami parkirkan di kantung-kantung parkir. Jadi kami fokuskan ke kendaraan kecil yang lewat di pantura,” kata dia

Salah seorang korban selamat, Purnomo mengatakan saat itu, sekitar jam tujuh malam, ia merasakan supir bus yang ditumpanginya oleng ke arah kanan untuk menghindari truk yang tengah menutupi badan jalan.

“Jadi gini posisinya, ini waktu mau ngerem kehabisan (jalan). Oleng terus banting setir,” kata dia di Rumah Sakit Weleri.

bus terguling ke arah kanan

Bus yang hendak menuju Jakarta dan bertolak dari wilayah Kecamatan Godong, Kabupaten Purwodadi ini terisi penuh oleh penumpang. Rata-rata mereka berasal dari Godong dan berangkat pada pukul 16.15 WIB. Sesaat setelah menabrak truk, bus terpelanting dan meluncur di jalur jalan berlawanan.

“Jadi waktu setelah jatuh langsung meluncur gitu mas,” ujarnya.

Berikut data 6 orang yang tewas dalam kecelakaan maut tersebut.

1. Kasmin (31), alamat Karangrayung, Grobogan
2. Muh Ali Mustofa (26), alamat Kayen, Pati
3. Eni Novitasari (27), alamat Godong, Grobogan
4. Wati Riyanti, warga Karangwuni Grobogan.

Dua korban lainnya di RS Islam Kendal dan RSUD Soewondo dan belum teridentifikasi. (ihy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.