Kamis, 16 September 21

Kebutuhan Baja Naik, Kinerjanya Pun Mengkilap

Kebutuhan Baja Naik, Kinerjanya Pun Mengkilap

Jakarta, Obsessionnews – Dari tahun ke tahun, kebutuhan baja domestik terus meningkat. Catatan Kementerian Perindustrian menyebutkan, pada tahun 2009 lalu jumlah pasokan mencapai 7,4 juta ton. Dan pada 2014 menjadi 12,7 juta ton.

Seiring pertumbuhan ekonomi nasional disertai ambisi Presiden Jokowi merealisasikan rencana pembangunan infrastruktur secara besar-besaran, angka tadi diprediksi bakal terus meningkat.

Sepanjang semester I tahun 2015 saja, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat ada 157 proyek investasi baja yang sedang membangun konstruksi dengan nilai Rp 6,63 triliun. Serapan tenaga kerjanya pun mencapai 8.502 orang.

Dengan peluang ini, kinerja industri baja nasional diharapkan mampu menyeimbangkan neraca perdagangan di sektor ini. Apalagi, sudah ada sinyal baik terkait keseimbangan itu.

Pada periode Januari hingga Juni 2015, impor baja senilai 3,44 miliar dolar AS. Disebutkan pula, angka ini turun 21,04% ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya sebesar USD 4,36 miliar.

Sementara itu, ekspor baja pada periode Januari hingga Juni 2015 mencapai 657,7 juta dolar AS atau naik 42,16%. Pada periode sama tahun sebelumnya, pasokan baja asal Indonesia ke luar negeri sebesar 462,6 juta dolar AS.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.