Minggu, 1 Agustus 21

Keberhasilan Kawasan Food Estate Kalteng Terletak pada Tata Kelola Air

Keberhasilan Kawasan Food Estate Kalteng Terletak pada Tata Kelola Air
* Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meninjau lokasi pengembangan lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa atau food estate di Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (6/4/2021). (Foto: Kementerian PUPR)

Tri Suparwanto, salah seorang petani yang ditemui saat kunjungan tersebut, menyatakan, dampak utama dari pengembangan food estate Kalteng yang telah dimulai adalah kembali aktifnya pertanian yang produktif.

“Sebelum ada program ini, lahan sempat terlantar ditinggal transmigran. Sekarang luas tanam meningkat dari sekitar 150-200 ha menjadi 425 ha, dengan produksi sekitar 4-5 ton per hektar. Perbaikan jaringan irigasi juga berpengaruh terhadap pengendalian banjir yang sempat terjadi sampai  1 meter masuk rumah di tahun 2005,” tuturnya.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo, Bupati Kapuas Ben Brahim, Direktur Irigasi dan Rawa Ditjen SDA Suparji, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II Palangkaraya Dwi Cahyo Handono Setyawan, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalteng Hardi Siahaan, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalteng Yanuar Seto Nugroho, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Krisno Yuwono.  (iwan/arh)

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.