Minggu, 4 Desember 22

KBRI Pakistan Bersinergi dengan Relawan Bantu Korban Banjir Bandang

KBRI Pakistan Bersinergi dengan Relawan Bantu Korban Banjir Bandang
* Relawan Indonesia Eko Sulistio bersama KBRI Pakistan bersinergi bantu penanganan banjir bandang.

Obsessionnews.com- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Pakistan turut terlibat aktif dalam penanganan korban banjir bandang di Pakistan. Di mana bencana dahsyat tersebut menelan ribuan korban jiwa dan puluhan ribu korban luka-luka.

Pihak KBRI Pakistan juga terus menjalin sinergitas dengan para relawan dan WNI yang terlibat langsung dalam misi kemanusiaan di sana. Sebagai perwakilan Indonesia, kedua negara sudah lama menjalin hubungan kerja sama yang erat, sehingga dukungan menjadi hal wajib.

“Sebagai negara sahabat, kita masyarakat Indonesia menyampaikan rasa duka yang mendalam. Ini adalah bencana besar yang telah menghilangkan ribuan nyawa dari saudara-saudara kita di Pakistan, maka sudah sepatutnya kita turut membantu mereka,” ujar Kepala KBRI untuk Pakistan, Adam M. Tugio, Selasa (27/9/2022).

Pihak pemerintah Indonesia juga sudah menyiapkan bantuan baik dalam bentuk dana maupun peralatan, atau bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mereka. Termasuk aktif melakukan koordinasi dengan para relawan dari Indonesia yang terlibat langsung membantu para korban di lapangan.

“Relawan Indonesia saat ini sudah banyak yang berada di Pakistan untuk bekerja bersama-sama membantu mereka. Bantuan terus berdatangan baik dari pemerintah dan dan NGO untuk diberikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ucapnya.

Sementara itu salah seorang relawan Indonesia Eko Sulistio menyatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pihak KBRI yang telah memfasilitasi para relawan dalam menjalankan tugas misi kemanusiaan di lokasi-lokasi bencana.

“Kita dari para relawan mengucapkan terima kasih kepada KBRI karena banyak membantu menghubungkan ke berbagai pihak dalam hal ini lembaga-lembaga kemanusiaan atau personal-personal di Pakistan yang dapat membantu mempercepat proses pendistribusian bantuan,” terang Eko.

Tidak hanya itu, pihak KBRI Pakistan, kata Eko, juga turut mempermudah ruang gerak para relawan dalam menyalurkan bantuan. Sebab, tidak semua relawan bisa masuk ke negara ini, karena faktor keamanan yang belum benar-benar kondusif. “Kita bersyukur bisa dipermudah dalam misi kemanusiaan ini,” ucapnya.

Eko sendiri sudah satu bulan berada di Pakistan. Ia mendistribusikan ribuan paket makanan, obat-obatan dan juga tenda darurat untuk para korban banjir bandang. Ia terus berearak dari satu lokasi ke lokasi lain, karena hampir 70 persen wilayah Pakistan terkena dampak dari bencana tersebut.

“Kita masih terus bertahan di sini dari satu lokasi ke lokasi lain karena cakupan bencana banjir bandang ini sangat luas. Banyak juga korban belum ditemukan karena minimnya alat berat untuk mengangkat material,” ujar Eko. (Al)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.