Selasa, 22 Oktober 19

KB-KITE Berdampak Positif terhadap Ekonomi Indonesia

KB-KITE Berdampak Positif terhadap Ekonomi Indonesia
* Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada acara “Sarasehan Hasil Dampak Ekonomi Fasilitas KITE-KB & Launching Kebijakan Fasilitas KITE” di Aula Djuanda, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (18/2/2019). (Foto: Kemenkeu)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kawasan Berikat (KB) dan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) berdampak positif dalam mendorong perekonomian di berbagai industri di Indonesia.

Manfaat langsung hasil penerapan KB-KITE tahun 2017 antara lain rasio ekspor terhadap impor sebesar 2,4. Artinya setiap nilai 1 dollar bahan baku yang diimpor dengan kedua fasilitas tersebut telah menghasilkan nilai 2,40 dollar produk yang telah diekspor. Nilai tambah terhadap perekonomian sebesar Rp402,5 triliun, tenaga kerja terserap 1,95 juta orang dengan 97% tenaga kerja lokal, peningkatan penerimaan pajak pusat sebesar Rp85,49 triliun dan pajak daerah mencapai Rp5,11 triliun, nilai investasi sebsear Rp178,17 triliun.

Manfaat ekonomi KB-KITE tersebut berdasarkan survei yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan University Network for Indonesia Export Development (UNIED).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berpandangan nilai ekonomi lebih besarnya yang lebih penting daripada manfaat penerimaan pajak yang meningkat dalam waktu singkat.

“Nilai ekonomi kontribusi terhadap ekspor di atas 30%, terhadap investasi, kesempatan kerja dan multiplier linkage lain yang muncul dari sisi perdagangan, akomodasi, transportasi itu penting,” kata Sri pada acara “Sarasehan Hasil Dampak Ekonomi Fasilitas KITE-KB & Launching Kebijakan Fasilitas KITE” di Aula Djuanda, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (18/2/2019).

Sementara itu dari sisi manfaat ekonomi secara tidak langsung di antaranya tumbuhnya jumlah jaringan usaha langsung sebanyak 95.251 dan 268.509 usaha tidak langsung yang meliputi usaha akomodasi, perdagangan, makanan dan transportasi. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.