Jumat, 1 Juli 22

Kawal Jalannya Pemilu, Ratusan Pengawas Sakit

Kawal Jalannya Pemilu, Ratusan Pengawas Sakit
* Anggota Badan Pengawasan PemiluPemilu (Bawaslu) Mochammad AfifuddinAfifuddin. (Kapoy)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemilu memang menyita tenaga dan pikiran bagi para penyelenggara pemilu. Baik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun dari segi pengawasannya, yakni Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu).

Data terbaru yang di himpun dari Bawaslu, terdapat ratusan penyelenggara pengawasan pemilu jatuh sakit selama terselenggaranya pemilu.

“Total 325 Panwas yang mengalami sakit, kekerasan, hingga meninggal,” ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, Jakarta, Minggu (21/4/2019).

Adapun petugas yang mengalami kecelakaan, kekerasan hingga meninggal dunia ini terdapat di beberapa provinsi hingga kabupaten/kota. Jumlah terbesar adalah petugas yang dirawat jalan, yakni 137 orang, rawat inap 85 orang, dan kecelakaan 74 orang.

Berikut daftar jajaran pengawas pemilu yang mengalami sakit, kekerasan, kecelakaan, dan meninggal pada saat tugas pengawasan.

Untuk Rawat inap 85 orang, tersebar di 21 provinsi, 43 kabupaten/kota. Kemudian sekitar 137 orang harus mengalami rawat jalan. Mereka tersebar di 20 provinsi, 52 kabupaten/kota.

Sementara ada sekitar 15 orang mengalami kekerasan yang tersebar di 11 provinsi, 14 kabupaten/kota.

Lalu kecelakaan 74 orang, tersebar di 20 provinsi, 47 kabupaten/kota dan yang terakhir korban meninggal dunia ada 14 orang, tersebar di 5 provinsi, 11 kabupaten/kota.

Afif mengatakan Bawaslu turut berduka sekaligus mengapresiasi perjuangan para petugas dalam mengawasi pemilu 2019 ini. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.