Sabtu, 21 Mei 22

Kasus Terompet Bersampul Al Quran Bisa Dipolisikan

Kasus Terompet Bersampul Al Quran Bisa Dipolisikan

Jakarta, Obsessionnews – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof Din Syamsuddin mengatakan, pihaknya sudah meminta kepada MUI wilayah Semarang untuk melaporkan kasus terompet bersampul Al Quran ke polisi.

Menurut Din, adanya terompet menggunakan sampul Al Quran untuk menyambut perayaan tahun baru, adalah sesuatu yang tidak bisa dibenarkan. Sebab, Al Quran adalah Kitab Suci umat Muslim yang harus dihormati, dan ditempatkan di tempat yang istimewa.

‎”Unsur yang terlibat dapat diproses secara hukum, baik pembuat, penerima dan penjualnya,” kata Din, di Jakarta, Selasa (29/12/2015).

terompet Quran-2

Meski demikian, Din meminta agar masyarakat menahan diri tidak terprovokasi dengan kejadian tersebut. Biarlah kata Din, kasus ini diselesaikan oleh pihak yang berwajib.

“Meminta umat Islam untuk dapat menahan diri dan tidak bereaksi berlebihan,” ujarnya.

Diketahui, terompot bersampul Al Quran, terungkap setelah ada Warga Kabupaten Kendal Jawa Tengah menemukan terompet tersebut dijual di mini market. Merasa ini tidak benar, warga akhirnya melaporkan kejadian itu ke Polisi.

terompet Quran3

 

Produsen Terompet Minta Maaf
Terungkap sudah identitas perusahaan produsen terompet berbahan kertas sampul tulisan Al-Quran. Adalah CV Ashfri Adv, Al Ashfrihana selaku pihak bertanggung jawab atas diproduksinya terompet kontroversial tersebut.

Melalui rilis yang dikirim ke obsessionnews.com, melalui PT Alfaria Trijaya Tbk sebagai penjual terompet, pihaknya meminta maaf atas beredarnya terompet yang diproduksi perusahaan.

“Kami sudah konfirmasi dengan produsen sekaligus supplier (pemasok) terkait, agar secepatnya dilakukan penarikan produknya di toko-toko kami. Saat ini, bisa dipastikan tidak ada lagi produk tersebut di toko kami,” yakinnya, Senin (29/12/2015)

Menurutnya, kejadian tersebut murni karena kurangnya pengawasan di bagian produksi, sehingga menggunakan bahan kertas sampul tersebut.

Pihaknya juga menegaskan, telah menarik seluruh terompet produksinya termasuk yang dijual di toko Alfamart di wilayah Kendal, Jawa Tengah. Al Ashfrihana juga mengaku siap bertanggung jawab atas produk yang telah dibuat perusahaannya.

Terpisah, Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Nur Rachman menegaskan, kejadian tersebut telah ditindaklanjuti dengan menarik seluruh persediaan terompet tersebut di Alfamart wilayah Kendal.

Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih atas informasi terkait hal ini, serta akan lebih berhati-hati dalam memilih pasokan produk di tokonya.

foto terompet sampul Quran

Sebagaimana yang beredar di WA, hari ini dari kendal sampai ke Pekalongan semua terompet yang dijual di Alfa Mart disita polisi sebab ternyata bahan yang dipakai membuat terompet berasal dari mushaf Qur’an keluaran Depag cetakan 2013 yang sangat jelas tulisan ayatnya. Muncul seruan terhadap siapa pun yang menemukan terompet yang diproduksi di Wonogiri tersebut dimohon pro aktif melapor ke polisi.

“Agar segera diantisipasi bila mendapati hal spt ini, hadapi dengan bijaksana, jgn emosi, segera laporkan bila menjumpai nya……Minggu tanggal 27 Desember 2015 Pkl 16.00.Wib telah didapat informasi dari Kyai. Kresno Abrory ( Tokoh NU ) alamat Kel. Kebondalem Kec. Kota Kendal bahwa di mini market Alfamart Kel. Kebondalem Kec. Kota Kendal menjual terompet yang terbuat dari sampul Al Qur’an berwana hijau bertuliskan kementrian Agama RI tahun 2013 dan kaligrafi arab bertuliskan lafadzh Alqur’anulkarim,” seru edaran tersebut.

Kronologis kejadian ;
Sekira pukul 16.00 wib salahsatu warga menyampaikan permasalahan tentang terompet berbahan sampul Al Qur’an kepada Ky. Kresno Abrory ( Tokoh NU ) alamat Kel. Kebondalem Kec. Kota Kendal yang merasa resah dengan beredarnya terompet dimaksud ( dijual di Alfamart Kebondalem ) dan bermaksud akan melaporkan temuan tersebut kepada ormas NU namun dicegah oleh Ky. Kresno Abrory kemudian dilaporkan ke Polres Kendal dengan maksud aparat hukum yang melakukan langkah pengamanan.

terompet dari quran-

Disebutkan pula langkah yg telah di lakukan al :
1. Melakukan pengecekan langsung ke Alfamart Kel. Kebondalem Kec. Kota Kendal dan ditemukan terompet berbahan sampul Al Qur’an sebanyak 14 biji dari stok 60 biji yang diterima pada tanggal 05 Desember 2015 dari gudang Alfamart Jl. Wijayakusuma Semarang dan sisa terompet di Polres Kendal.
2. Melakukan pengecekan ke minimarket Alfamart diwilayah Kab. Kendal dan ditemukan penjualan terompet dimaksud dengan program promosi special terompet tahun baru seharga Rp. 3.500 ,- periode 16-31 Desember 2015.
3. Melakukan langkah pengamanan barang bukti terompet dimaksud yang dikoordinasikan dengan pihak manager Alfamart Kab. Kendal Abdul Basir bin Jumani ( alamat: ds. Pagerdawung Rt. 01/ 02 Kec. Ringinarum – Kendal ).
4. Melakukan interograsi terhadap manager Alfamart
5. Melakukan pengamanan terompet dimaksud dari mini market Alfamart yang ada di wilayah Kab. Kendal oleh Polsek jajaran dengan rincian:
1). Alfamart Kebondalem Kendal : stok 60 sisa 14 biji
2). Alfamart Purin Patebon: Stok 30 sisa 8 biji
3). Alfamart Sijeruk Kendal: Stok 60 sisa 8 biji.
4). Alfamart Karangsari Kendal: stok 60 sisa 34 biji
5). Alfamart Jl Laut Kota Kendal : stok 60 sisa 5 biji
6). Alfamart Ds. Pageruyung: stok 30 habis terjual
7). Alfamart Sedayu- Gemuh: stok 60 habis terjual.
8). Alfamart Botomulyo Cepiring: stok 60 habis terjual
9). Alfamart Sriagung Cepiring: stok 60 habis terjual
10). Alfamart Karangayu Cepiring: stok 60 habis terjual
11). Alfamart Juwiring- Cepiring: stok 60 sisa 1 biji
12). Alfamart Jl. Raya Weleri: stok 60 sisa 1 biji
13). Alfamart Jl. Tamtama Weleri: stok 60 sisa 3 biji
14). Alfamart Montongsari-Weleri: stok 30 sisa 2 biji
15). Alfamart jl.Pemuda Boja: stok 30 sisa 3 biji
16). Alfamart Rowosari: stok 30 habis terjual.
17). Alfamart Jl Weleri-Gemuh: stok 30 sisa 1 biji
18). Alfamart Jl Weleri-Gemuh: stok 30 sisa 1 biji
19). Alfamart Brangsong: stok 40 sisa 8 biji
20). Alfamart Sekopek Kalwngu: stok 40 Sisa 6 biji
21). Alfamart Plantaran Kalwungu: Stok 40 Sisa 8 biji

C A T A T A N :

1. Bahwa dari pihak manager dan karyawan Alfamart di wilayah Kab. Kendal tidak mengetahui bahwa terompet tersebut berbahan sampul Al Qur’an karena terompet tertutup oleh plastic hias dan hanya menerima stok dari gudang pusat.
2. Adapun Tindakan Kepolisian untuk antisipai agar tdk berkembang al sbb :
1.Melakukan tindakan penggalangan kepada tokoh NU, ormas untuk meredam situasi.
2.Mengamankan barang bukti.
3. Melakukan interograsi manager minimarket Alfamart.
4.Menginventarisir Barang Bukti
5.Melaporkan kepada Pimpinan
6.Melakukan pembinaan kepada toga, tomas toda untuk mengantisipasi gejolak dimasyarakat khususnya ormas Islam.
7.Melakukan pengawasan Alfamart / monitoring perkembangan situasi terkait beredarnya terompet berbahan Alqur’an. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.