Sabtu, 25 September 21

Kasus Salim Kancil, Polri Dalami Keterlibatan Bupati Lumajang

Kasus Salim Kancil, Polri Dalami Keterlibatan Bupati Lumajang

Jakarta, Obsessionnews – Mabes Polri masih terus mendalami dugaan keterlibatan Bupati Lumajang As’at Malik dan sejumlah anggota DPRD dalam kasus pembunuhan aktivis lingkungan Salim Kancil yang menolak pertambangan pasir liar.

‎Kepala Divisi Humas Polri Irjen Anton Charliyan mengatakan, dugaan keterlibatan Bupati As’at Malik memang ada. Namun, pihak Kepolisian belum bisa memastikan apakah Malik terlibat. Sebab, bukti yang didapat belum kuat.

‎”Masalah dugaan keterlibatan anggota DPRD dan Bupati Lumajang memang sedang didalami adanya kecurigaan itu,” ujar Anton, saat dikonfirmasi, Selasa (3/11/2015).

Anton menyebut, di Lumajang banyak sekali penambangan pasir liar di sepanjang kawasan pantai selatan. Menurutnya, mustahil Malik tidak mengatahui adanya penambangan pasir. Sebab, sebelumnya ia sudah pernah menjabat sebagai wakil bupati. Ini membuktikan, Malik orang lama yang sudah duduk di pemerintahan Lumajang.

“Bupati itu mantan wakil bupati. Masa tidak tahu? Tapi itu tergantung fakta. Kami tidak bisa menuduh,” tuturnya.

Sejauh ini kecurigaan penyidik mengenai keterlibatan As’at Malik yakni, dia diduda sengaja membiarkan aktivitas pertambangan liar di Lumajang. Padahal diketahui, masyarakat dikawasan terdampak, banyak yang melakukan penolakan. Namun, terkesan tidak ada sikap tegas dari pemerintah Lumajang.

“Itu ada pembiaran karena sudah berlangsung lama. Tapi dibutuhkan bukti yang kuat,” jelasnya.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.