Jumat, 24 September 21

Kasus Petral, Pemerintah Serahkan ke Penegak Hukum

Kasus Petral, Pemerintah Serahkan ke Penegak Hukum

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said akan berkonsultasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengetahui adanya potensi tindak pidana korupsi di tubuh PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral).

“Yang berkaitan dengan potensi pelanggaran, kalau memang ada itu nanti akan diserahkan pada aparat penegak hukum,” ujar Sudirman di gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Sudirman akan mengajak Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Keduanya akan menyampaikan informasi secara umum biar KPK melakukan analisis dan kajian sendiri. Namun dirinya belum dapat menentukan waktu yang pas buat berkonsultasi bersama dengan KPK.

“Kalau memang dianggap memenuhi syarat untuk dilakukan tindakan penegakan hukum, mereka pasti akan lakukan penindakan. Jadi nanti umpamanya sudah sampai ke KPK pasti KPK akan melakukan perhitungan,” kata Menteri ESDM.

Sudirman mengaku audit forensik Petral sebelumnya sudah dilaporkan ke Presiden Jokowi. Ada tiga poin penting dari temuan audit investigasi Petral Group.

“Nomor satu, tercatat di berbagai dokumentasi Petral bahwa ada pihak ketiga, yang bukan merupakan bagian dari manajemen Pertamina, ikut campur, intervensi dalam proses pengadaan dan jual beli minyak mentah maupun produk BBM di PES,” jelasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.