Kamis, 11 Agustus 22

Kasus Panama Papers Libatkan Ketua BPK

Kasus Panama Papers Libatkan Ketua BPK
* Presiden Jokowi menerima pimpinan BPK di Istana Keprersidenan, Kamis (14/4/2016).

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Jokowi sedang mempelajari dokumen Panama Papers yang ikut mencantumkan nama Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis, sehingga Presiden Jokowi belum berkesimpulan apakah Harry bersalah atau tidak dalam kasus tersebut.

“Tadi dilaporkan dan didengarkan oleh Presiden Jokowi, jadi kita belum ngapain-ngapain,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Pramono enggan menyampaikan apa isi materi laporan Harry kepada Presiden Jokowi. Akan tetapi menurut dia, dengan laporan langsung dari Harry itu membuat Presiden Jokowi banyak mendapatkan informasi.

“Ya presiden menerima itu tetapi kan beliau belum tahu yang sebenarnya jadi beliau hanya mendengarkan apa laporan Ketua BPK tersebut,” katanya.

Ketua BPK Harry Azhar Azis melaporkan kepada Presiden Jokowi soal namanya yang turut tercantum dalam dalam dokumen “Panama Papers”. Harry menegaskan meski namanya ada dalam dokumen itu tidak lantas mengakibatkan adanya kerugian negara.

“Saya sudah lapor kepada presiden, dan saya nyatakan tidak ada kerugian negra,” pungkas dia.

Harry menyatakan siap menerima segala konsekuensi jika Presiden Jokowi pada akhirnya akan memberikan keputusan terhadap dirinya. Tapi yang pasti, Tidak lama setelah dokumen ini bocor, Harry mengaku sudah melaporkan hal tersebut kepada Dirjen Pajak, Kemenkeu.

“Terserah presiden, kata presiden kalau tidak ada kerugian negara ya tidak apa-apa,” ucap Harry.

Nama Harry yang berada di dalam dokumen Panama Papers pertama kali diungkap oleh media. Dalam dokumen itu, disebutkan bahwa Harry merupakan pemilik salah satu perusahaan offshore, Sheng Yue International Limited.

Sheng Yue International Limited diduga adalah perusahaan yang didirikan di negara suaka pajak dengan tujuan menghindari pembayaran pajak dari wajib pajak kepada negara asalnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.