Sabtu, 18 September 21

Kasus Kondensat, Bareskrim Incar Tersangka Baru di ESDM

Kasus Kondensat, Bareskrim Incar Tersangka Baru di ESDM

Jakarta, Obsessionnews – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri sudah menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan korupsi kondensat, antara lain bekas Kepala BP Migas RP, DH dan pejabat dari TPPI yakni HW. Kini Polri mulai menyasar ke pejabat di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dugaan keterlibatan pejabat Kementerian ESDM tersebut didapatkan setelah penyidik memeriksa empat dari enam saksi, Selasa (12/5) kemarin. Empat saksi tersebut adalah pejabat di SKK Migas dan pejabat PT TPPI. Adapun dua saksi yang seharusnya hadir tidak memenuhi panggilan penyidik.

“Setelah pemeriksaan empat, kami melakukan gelar perkara. Hasilnya, kami menduga ada keterlibatan (Kementerian ESDM). Saksi-saksi mengarah ke sana,” ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Victor Edison Simanjuntak saat dihubungi, Rabu (13/5/2015).

Kementerian ESDM sebagai lembaga yang menaungi SKK Migas itu, diduga membiarkan SKK Migas menyetujui kontrak penjualan kondensat dengan PT TPPI pada Maret 2009. Pada tahun 2008, SKK Migas tidak menyetujui kontrak penjualan karena PT TPPI mengalami persoalan finansial.

“Seharusnya ada penalti lagi karena di tahun-tahun selanjutnya dia (PT TPPI) tidak kunjung menyerahkan hasil penjualan ke negara, tetapi entah kenapa tidak dihitung itu. Kan ini jadi pertanyaan, ada apa ini,” ujar Victor.

Namun, Victor belum mau mengungkap siapa pejabat di Kementerian ESDM yang diduga terlibat di dalam dugaan korupsi tersebut. Polisi akan terus mengembangkan perkara ini dengan memeriksa seluruh saksi yang ada. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.