Sabtu, 28 Mei 22

Kasus Covid-19 Meningkat, Luhut: Peningkatan Masih Bersumber dari Wilayah Aglomerasi Jabodetabek

Kasus Covid-19 Meningkat, Luhut: Peningkatan Masih Bersumber dari Wilayah Aglomerasi Jabodetabek
* Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: maritim.go.id)

Jakarta, obsessionnews.comMasuknya varian baru Covid-19, yakni Omicron membuat kasus Covid-19 meningkat. Dalam sepekan terakhir kasus harian Covid-19 terus mengalami peningkatan. Sebagian besar kasus disumbangkan oleh wilayah aglomerasi Jabodetabek.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat jumpa persnya, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Mewaspadai Omicron sebagai Pemicu Gelombang Ketiga Covid-19

“Berdasarkan data yang kami himpun, kasus di Jawa-Bali mendominasi kasus harian yang naik. Kenaikan di Jawa Bali kami identifikasi masih bersumber dari peningkatan pada wilayah aglomerasi Jabodetabek,” ujarnya.

Selain itu, kasus yang disebabkan oleh Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) sudah berada di bawah 10% dari total kasus nasional. Dari sini dapat disimpulkan bahwa transmisi lokal yang terjadi di Indonesia sudah lebih mendominasi dibanding waktu sebelumnya.

Baca juga: Tren Kenaikan Kasus Omicron, Jokowi Imbau Tetap Waspada dan Tidak Panik

Meski demikian, pemerintah juga harus terus mewaspadai tren positivity rate.

“Meski secara keseluruhan, PCR dan antigen, positivity rate masih di bawah standar WHO 5%, tetapi positivity rate PCR sudah meningkat menjadi 9%,” tambah Luhut.

Sebagai informasi, kasus Covid-19 di Indonesia mulai meningkat. Kondisi ini diperparah dengan masuknya varian Omicron. Pemerintah memperkirakan puncak kasus Omicron akan terjadi pada awal Februari 2022.

Baca juga: Kemenkes Sebut 87 Jemaah Umrah Indonesia Positif Covid-19

Per Minggu, 23 Januari 2022, kasus positif Covid-19 di Indonesia bertambah 2.925. Dengan adanya penambahan itu jumlah kasus corona secara nasional sebanyak 4.286.378.

Sementara itu kasus sembuh tercatat ada 712, sehingga totalnya menjadi 4.123.267. Kemudian kasus meninggal bertambah 12, sehingga totalnya sebanyak 144.220. Kasus aktif Covid bertambah 2.199 dan akumulasinya sebesar 18.891. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.