Senin, 17 Juni 24

Kasus BW, 4 Orang Sudah Jadi Tersangka, 2 Masih Dikejar

Kasus BW, 4 Orang Sudah Jadi Tersangka, 2 Masih Dikejar

Jakarta, Obsessionnews – ‎Penyelidikan kasus pemberian keterangan palsu dalam sengkete Pilkada Kabupaten Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi (MK) terus dikembangkan. Dalam kasus ini, empat orang sudah ditetapkan sebagai tersangka, mereka yakni Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non-aktif Bambang Widjojanto, seorang bernama  Zulfahmi dan dua orang yang belum diketahui namanya.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Kombes Victor Edi Simanjuntak mengatakan, penyidik memang sudah mengantongi empat orang tersangka dalam kasus tersebut. Namun, selain Bambang dan Zulfahmi, ia belum mau menyebutkan namanya lantaran masih dalam proses pengejaran.

“Ada dua tersangka lagi saya enggak mau sebutkan nama, inisial saja. S dan P,” ‎ujarnya saat dihubungi, Rabu (11/3/2015).

Menurut Victor, keempat orang tersebut memiliki peran masing-masing. Sebagai pengacara Bambang diduga telah memerintahkan para saksi untuk memberikan keterangan palsu dalam sidang sengketa Pilkada Kotawaringin Barat di MK. ‎Sementara Zulfahmi diduga sebagai pihak yang bertugas mencari orang di daerah untuk mau memberikan kesaksian palsu di pengadilan.

Zulfahmi bisa dikatakan sebagai kaki tangan Bambang, yang sama-sama sudah mengerahkan saksi untuk memberikan keterangan palsu. Victor mengatakan, berkas perkara dua tersangka sudah hampir rampung atau P21 dan tidak lama lagi akan dilimpahkan ke Kejaksaan Agung. Namun, untuk tersangka lain berinsial S dan P, Victor belum bisa menyebutkan peranya.

“Sabar saja, biar beri penyidik waktu,” katanya.

Diketahui, Bambang dan Zulfahmi dikenakan Pasal 242 ayat (1) KUHP tentang sumpah palsu dan keterangan palsu juncto Pasal 55 ayat (1) ke satu KUHP juncto Pasal 55 ayat (2) ke dua KUHP tentang penyertaan dalam tindak pidana juncto Pasal 56 KUHP tentang dipidana sebagai pembantu kejahatan.

Hari ini Bambang dijadwalkan menjalani pemeriksaan pukul 10.00 WIB. Ia akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka Zulfahmi. Namun, Bambang sebelumnya sudah mengatakan, bahwa dirinya tidak kenal dengan namanya Zulfahmi. Bahkan, ia mengaku tidak pernah ketemu dengan orang tersebut. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.