Minggu, 24 Oktober 21

Kasasi KPK Ditolak, Masih Ada Peluang Kasasi

Kasasi KPK Ditolak, Masih Ada Peluang Kasasi

Jakarta, Obsessionnews – Wacana Kasasi yang akan dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) besar kemungkinan tidak bisa diterima oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Pasalnya, bedasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) No 4 Tahun 2011 tentang perkara yang tidak memenuhi syarat kasasi dan dan Peninjauan Kembali (PK).

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Made Sutrisna menyampaikan, mengacu kepada Pasal 45 Undang-undang MA pada poin a jelas menyebutkan praperadilan tidak bisa dikasasikan.

“Didalam Sema No 4 Tahun 2011 jelas bahwa itu tidak bisa dikasasikan. Formilnya saja sudah tidak memungkinkan. Karena itu dipastikan tidak diterima,” ujar Made saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (23/2/2015).

Sesuai Pasal 245 ayat 1 KUHAP yang menyatakan Permohonan kasasi disampaikan oleh pemohon kepada panitera pengadilan yang telah memutus perkaranya dalam tingkat pertama, dalam waktu empat belas hari sesudah putusan pengadilan yang dimintakan kasasi itu diberitahukan kepada terdakwa.
Namun,

Menurut Made, pihaknya tidak akan menunggu sampai empat belas hari walaupun KPK baru sebatas permohonan dan belum masuk kepada penyerahan memori kasasi. “Ini bisa lebih cepat, karena alasan tadi bahwa formilnya saja sudah tidak memenuhi,” pungkasnya.

Sementara itu, hal berbeda yang dikatakan oleh Humas PN Jakarta Selatan, bahwa Kabiro Hukum KPK, Chatarina Girsang menyampaikan peluang untuk Kasasi ke PN Jaksel terkait kasus praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan masih ada, namun itu semua tergantung dari pimpinan KPK.

“Peluang PK tentu ada, tapi hal itu tergantung keputusan pimpinan,” ujar Chatarina.

Sekedar informasi,  Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) tidak menerima kasasi yang diajukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang putusan praperadilan Komjen Budi Gunawan (BG). (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.