Jumat, 24 Januari 20

Karier Moeldoko, dan Kedekatannya dengan Jokowi

Karier Moeldoko, dan Kedekatannya dengan Jokowi
* Idrus Marham, Moeldoko, Agum Gumelar, dan Yuyu Sutisna saat diambil sumpahnya oleh Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/1/2018) pagi. (Foto: JAY/Humas Setkab)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali merombak kabinetnya. Kali ini mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko resmi menjabat sebagai Kepala Staf Presiden (KSP) menggantikan Teten Masduki. Moeldoko dilantik di Istana Negara Rabu (17/1/2018).

Kedekatan Moeldoko dengan Jokowi dimulai setelah ia pensiun dari posisinya sebagai Panglima TNI pada 2015 lalu. Jabatan itu lalu diganti oleh Jenderal Gatot Nurmantyo. Setelah tidak aktif di dunia militer, Moeldoko memutuskan untuk terjun di dunia politik.

Ia ditunjuk oleh Wiranto sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Jenderal. Hanura menjadi salah satu partai pendukung pemerintah yang sangat loyal terhadap Jokowi. Moeldoko juga terpilih sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang banyak diisi kader Partai Hanura.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat ini hubungannya semakin dekat dengan Jokowi setelah ia diminta menjadi perwakilan keluarga Jokowi di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Moeldoko tidak mau berfikir terlalu jauh apa makna dibalik kedekatan itu.

“Nggak usah berpikir terlalu jauh, ini tugas manusiawi. Saya sendiri juga nggak ngerti,” ujar Moeldoko saat dihubungi, Kamis (9/11/2017).

Moeldoko merupakan lulusan terbaik Akabri tahun 1981. Berbagai jabatan strategis di TNI sudah pernah diemban Moeldoko. Moeldoko pernah menjabat sebagai Pangdam XII/Tanjungpura (2010), Pangdam III/Siliwangi (2010). (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.