Sabtu, 16 Oktober 21

Kraton Solo Beri Gelar Beberapa Artis dan Tokoh

Kraton Solo Beri Gelar Beberapa Artis dan Tokoh

Jakarta, Obsessionnews – Kraton Surakarta Hadiningrat telah menggelar wisudawan untuk pemberian gelar Kebangsawaan kepada beberapa tokoh dan selebriti pada Kamis malam (26/2/2015), di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

“Pemberian gelar kebangsawaan ini kepada individu-individu yang telah berjasa dalam melestarikan adat budaya bangsa, khususnya budaya jawa sebagai alat pemersatu bangsa,” kata keterangan resmi Sekretaris Dhalem S. Panembahan Agung Tedjowulan Karaton Surakarta Hadiningrat, KPH Adp. Maji Notonagoro.

Hal yang sama disampaikan salah satu Kerabat Kraton Kra. Mahindrani kepada Obsessionnews. “Gelar ini diberikan kepada yang peduli dengan budaya Indonesia, dimana sekarang  budaya tersebut  telah lama hilang,” jelasnya.

kraton solo beri gelar

Sebelum acara wisudawan dimulai tampak berjalannya Manggolo Yudho yang diikuti oleh pasukan pedang dan tombak. Iringan gamelan dan suara tambur menyatu dengan derap para prajurit Kraton Surakarta. Suasana khas Jawa jelas terlihat.

Beberapa tokoh dan kalangan selebriti yang diwisuda kebangsawaan diantaranya, mendapat gelar tambahan “Adipati” yakni, Dr. KPAr. I Putu Gede Arysuta Notonagoro, KRAy. Kristinina Akbar Tandjung dan KRAy, Anna Sunindar (Anna Mathovani).

Presiden anti aging sedunia Dr. Debby Vinski AAMS diwisuda menjadi Dr. KMA. Debby Vinski Putri Dewi Kusumaningtyas.

kraton solo beri gelar3

Sementara lady rocker Inka Christie dan Sylvia Saartje, masing-masing mendapat gelar KMA Inka Christie Swaraningtyas dan KMA Madyodinigrum.

Penyanyi Judika mendapat gelar KRH Kencananingrat, mengikuti jejak istrinya yang terlebih dahulu mendapat gelar dari Karaton. Presenter kondang, Nadia Mulya mendapat gelar baru KMA Prawitarukmi.

Selain itu, tampak psikolog Tika Bisono mendapat gelar KMA Tikahusada Cahyaninrum, Bintang Sinetron Pretty Asmara menjadi KMA Asmoro Ratri.

Tak ketinggalan artis cilik kelas 5 SD, anak pasangan dari Pasha Ungu dan Okie Agustina, Kiesha Alvaro mendapat gelar Raden Tumenggung. Ia dinilai mempunyai bakat multi talenta sebagai penyanyi dan pemain sinetron.

kraton solo beri gelar4

Sementara itu, selain gelar kebangsawanan, bintang penghargaan Sri Kabadyo pun disematkan kepada artis Paramitha Rusadi bergelar Pradnya Paramitha Rusadi. Ia dinilai telah terbukti menunjukkan dedikasinya dalam seni budaya bangsa.

Terlihat Mantan Putri Indonesia 2014 Elvira Devinamira mendapat gelar Kanjeng Raden Ayu Elvira Devinamira Mustika Ningrum, dan kontestan Miss Internstional 2014 Elfin Pertiwi bergelar KRA Elfin Pertiwi Mustika Ningtyas.

Musisi  Katon Bagaskara yang dijadwalkan mendapat gelar KRH Guntur Manik Puspaningrat tak terlihat hadir. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.