Rabu, 1 Desember 21

Kapolda Benarkan Warga Sumbar Berangkat ke Jakarta Ikut Demo

Kapolda Benarkan Warga Sumbar Berangkat ke Jakarta Ikut Demo
* Unjuk rasa anti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Padang, Obsessionnews.com– Masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) yang tergabung dalam forum Masyarakat Minangkabau (FMM), Selasa (1/11/2016) berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi unjuk rasa pada Jumat, 4 November 2016.

Kapolda Sumbar Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Basarudin mengatakan, peserta aksi unjuk rasa dari FMM yang berangkat berjumlah tujuh bus.

“Kalau dihitung jumlahnya sekitar 252 orang,” katanya usai apel kebangsaan dan kesiapan kontijensi wilayah Sumatra Barat di lapangan RTH Imam Bonjol, Rabu (2/11).

Kapolda menyangkal anggota FMM yang berangkat tidak sampai 1.000 orang. Peserta yang berangkat berasal dari Kota Bukittinggi, Payakumbuh dan dari Padang.

“Dari Bukittinggi dua bus, Payakumbuh dua bus dan dari Padang dua bus,” jelasnya.

Mereka bertolak menuju ke Jakarta hari ini sekitar pukul 20.00 WIB dari Jalan Veteran Kota Padang. Sampai di Jakarta, mereka akan bergabung dengan umat Islam dari berbagai provinsi di Indonesia untuk melakukan unjuk rasa pada 4 November 2016.

Menurut Kapolda, yang berangkat hari Selasa malam bisa saja bertambah, karena ada diantaranya yang berangkat dengan menggunakan mobil pribadi.

Untuk memastikannya, pihak kepolisian terus memantau perkembangan dan situasi di lapangan menjelang aksi unjuk rasa digelar 4 November.

Lebih lanjut dikatakan, bagi masyarakat Sumbar lainnya yang hendak berangkat ke Jakarta dengan tujuan yang sama, terlebih dahulu memkirkannya secara matang segala resiko yang terjadi. Jika tidak tahu permasalahannya nanti ada provokasi, sehingga dapat menjadi masalah baru.

“Pikirkan dulu sebelum berangkat, kita tidak melarang untuk menyampaikan aspirasi dan pendapat, sebab masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi itu dilindungi undang-undang,” sebutnya.

Basarudin mengaku sejauh ini belum mendapat informasi akan dilaksanakan demo serupa pada tanggal 4 November itu, karena masyarakat saat ini berkosentrasi dulu ke Jakarta.

“Belum ada laporan di Sumbar akan ada demo, jadi belum siaga 1,” ujarnya.

“Kita akan terus melakukan pantauan, apakah nanti akan ada keberangkatan susulan masyarakat yang ikut berdemo ke Jakarta, ” katanya.

Ia juga mengatakan, Polda Sumbar mengerahkan sekitar satu kompi Brimob untuk di BKO dalam pengamanan demonstrasi di Jakarta.
Untuk diketahui ratusan orang dari sejumlah ormas akan berdemo di Jakarta 4 November mendatang yang berdatangan ke ibukota dari berbagai daerah di Indonesia. Tak terkecuali juga ormas yang ada di Sumbar.

Sementara itu, masyarakat Sumbar yang tergabung dalam FMM, Selasa (1/11) berangkat menuju Jakarta dilepas oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar Gusrizal Gazahar. Acara pelepasan bertempat di salah satu hotel di Jalan Veteran Kota Padang ini disaksikan oleh Koordinator FMM Irfianda Abidin.

Sampai di Jakarta, rencananya mereka berkumpul di Dewan Dakwah Indonesia di Jalan Keramat Raya. Dari titik kumpul itu, peserta aksi unjuk rasa bergabung dengan peserta lain untuk menyampaikan tuntutan di depan Istana Negara. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.