Kamis, 26 Mei 22

Kapal Vietnam Paling Banyak Curi Ikan Indonesia

Kapal Vietnam Paling Banyak Curi Ikan Indonesia
* Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Jakarta, Obsessionnews – Kapal berbendera Vietnam rupanya paling banyak yang menjadi pelaku pencurian ikan di perairan Indonesia. Menurut catatan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dari 157 kapal pencuri, 84 di antaranya milik asing dan 73 lainnya kepunyaan pribumi.

Asep Burhanudin Ditjen PSDKP dalam keterangannya di kantor KKP mengatakan, selama kurun waktu tahun 2015 pihaknya sudah memeriksa 5.206 kapal perikanan di laut. Hasilnya, 157 kapal tadi harus berurusan dengan hukum.

Asep bilang, kapal asing pelaku pencurian ikan didominasi asal Vietnam sebanyak 46 kapal. Sementara yang berbendera Filipina ada 19 unit, 12 dari Malaysia dan 9 lainnya berasal dari Thailand.

Sementara itu, armada pengawas yang dimiliki Ditjen PSDKP ada 27 unit kapal. Dari lima ribu lebih kapal pencuri itu, 118 lainnya merupakan hasil tangkapan dalam operasi mandiri PSDKP.

Selanjutnya, 1 kapal lain adalah limpahan dari hasil tangkapan TNI AL, 18 lainnya dari Polisi Air, 7 dari Bakamla, 8 dari Dinas Kelautan dan Perikanan, 4 kapal dari Ditjen Bea dan Cukai, serta 1 kapal dari Polisi Kehutanan.

Terhadap ABK asing yang tertangkap, 2 orang ditetapkan sebagai tersangka yakni Nahkoda serta Kepala Kamar Mesin (KKM). Dan yang lainnya, dipulangkan ke negara asal.

Soal penenggelaman, 121 kapal sudah dieksekusi. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.