Senin, 23 Mei 22

Kapal Tenggelam, R‎atusan Kontainer Berserakan

Kapal Tenggelam, R‎atusan Kontainer Berserakan

Surabaya, Obsessionnews – Sebuah kapal bermuatan kontainer, KM Meratus Banjar 2 tenggelam di perairan laut Jawa yang berjarak sekitar 80 mil dari kepulauan Kalianget, Rabu (2/9/2015). ‎

Untungnya, 20 kru kapal milik perusahaan pelayaran PT Meratus ini berhasil diselamatkan meski 364 kontainer turut tenggelam dan sebagaian berserakan di laut.

Kapal penuh muatan container sepanjang 126,5 meter dengan GT 6114 yang di nakhodai Adryan Banton tujuan Makassar tersebut sebelum tenggelam sempat mengalami kemiringan yang diduga akibat dari kebocoran di bagian lambung kamar mesin.

Dari data yang dihimpun, kapal kontainer KM Meratus Banjar 2 yang bertolak dari pelabuhan Tanjung Perak, Senin (31/9/2015) petang itu sempat dilaporkan oleh nakhoda kapal saat berada di posisi perairan laut Jawa koordinat 06 derajat19’7S/114 derajat 30’7 E kepada pihak pelayaran jika mengalami kebocoran di kamar mesin.

Lalu nakhoda kapal mengirimkan distress signal serta meminta bantuan pada KM Meratus Spirit 1 yang saat itu berada di sekitar lokasi. Selanjutnya seluruh kru KM Meratus Banjar 2 berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke KM Meratus Spirit 1.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Marzuki, saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Sesuai dengan laporan yang diterima pihak Syahbandar dari pelayaran Meratus bahwa kapalnya mengalami kecelakaan tenggelam Rabu pagi (2/9/2015). Kapal tersebut tenggelam pada posisi koordinat 06 derajat 09.25 S/114 derajat 02’80 E. namun tidak ada korban jiwa dan seluruh kru kapal berhasil selamat,” kata pria yang juga merangkap sebagai Humas ini.

Selanjutnya dengan adanya kejadian tersebut, pihak kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak mengirimkan notice to marine atau maklumat kepada pelayaran jika di titik koordinat tersebut telah terjadi kecelakaan kapal hingga tenggelam.‎ (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.