Rabu, 21 April 21

Kantor Barcelona Digerebek, Eks Presiden Ditangkap Polisi

Kantor Barcelona Digerebek, Eks Presiden Ditangkap Polisi
* Josep Bartomeu. (Foto: Getty)

Akibat skandal Barcagate, kantor Barcelona digerebek, eks Presiden Josep Bartomeu ditangkap polisi.

Josep Maria Bartomeu dikabarkan telah ditangkap polisi atas dugaan keterlibatannya terhadap skandal Barcagate yang dilakukannya saat masih menjabat sebagai presiden Barcelona.

Krisis Barcelona terlihat semakin pelik setelah polisi Catalunya menangkap Bartomeu dan sejumlah pejabat teras klub.

Bartomeu bukan hanya satu-satunya orang penting Barcelona yang ditangkap. CEO Oscar Grau, kepala bagian hukum Roman Gomez Ponti, hingga Jaume Masferrer, yang merupakan penasihat Bartomeu, juga ditangkap.

Seperti dilansir Candera SER dan dikonfirmasi oleh koresponden Goal di Barcelona, Mossos d’Esquadra atau kepolisian Catalunya telah menangkap para petinggi tersebut sembari menggeledah kantor Barcelona di Camp Nou untuk mencari barang bukti pada Senin (1/3) pagi waktu setempat.

Bartomeu ditangkap di rumahnya dan polisi kemungkinan masih akan melakukan penangkapan lebih lanjut sambil menanti perkembangan investigasi kasus ini.

Mereka akan diperiksa terkait kasus Barcagate tahun lalu, di mana Barca para petinggi klub diduga melakukan kampanye kotor terhadap pemain dan mantan pemain yang kritis terhadap kebijakan klub dan Bartomeu.

Lionel Messi, Gerard Pique, dan Pep Guardiola hanya sedikit nama yang dijadikan sasaran oleh kampanye tersebut, di mana Barca diduga menyewa sebuah agensi bernama I3Ventures untuk mengarang cerita negatif terhadap mereka dan disebar melalui media sosial.

Selain mereka, istri Messi, Antonella, juga jadi sasaran kampanye negatif itu, termasuk juga Xavi Hernandez, Carles Puyol, dan mantan presiden Joan Laporta.

Salah satu contoh cerita negatif itu adalah soal Messi, yang disebutkan sengaja mengulur waktu dalam menandatangani perpanjangan kontrak baru. Isu ini memanas pada musim panas tahun lalu yang membuat Messi nyaris hengkang.

Barcelona diklaim telah menggunakan jasa I3Ventures sejak 2017 dan telah melakukan pembayaran kepada agensi itu dengan jumlah yang nilainya hampir mencapai €1 juta (sekitar Rp17,2 miliar).

Penangkapan Bartomeu dan para petinggi Barca terkait Barcagate ini tentu menambah dalam krisis yang dialami klub. Seperti diketahui, Barca dilaporkan berada dalam kondisi finansial yang gawat, selagi performa tim di dalam lapangan juga tengah menurun. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.