Selasa, 29 September 20

Kanker Melanoma Ancam Kematian, Pelajari Gejalanya

Kanker Melanoma Ancam Kematian, Pelajari Gejalanya
* Ilustrasi seorang dokter sedang melakukan pengecekan pasien. (Dok: albayan)

Jakarta, Obsessionnews.com – Keluarga Menteri Koordinator Bidang Perekenomian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Hatta Rajasa, tengah berduka cita.

Adara Taista, menantu Hatta, meninggal dunia pada Sabtu (19/5/2018) di Tokyo pada 13.38 waktu setempat. Istri Rasyid Rajasa ini mengembuskan nafas terakhirnya setelah berjuang melawan penyakit kanker melanoma yang dideritanya sejak satu tahun terakhir.

Lalu, apa itu kanker Melanoma?

Dilansir laman alodokter  yang ditinjau oleh dr. Marianti, dijelaskan, kanker kulit melanoma adalah jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Diketahui melanin berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan.

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang jarang dan sangat berbahaya. Kondisi ini dimulai dari kulit manusia dan bisa menyebar ke organ lain dalam tubuh. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada biasanya menjadi pertanda umum atau gejala melanoma. Hal ini bisa terjadi di seluruh tubuh, tapi beberapa bagian tubuh yang sering mengalami kemunculannya adalah wajah, tangan, punggung dan kaki.

Melanoma memiliki bentuk yang tidak beraturan dan lebih dari satu warna. Tahi lalat yang terserang melanoma bisa terasa gatal dan bisa mengalami pendarahan, selain itu, ukurannya juga bisa melebihi tahi lalat normal.

Beberapa faktor yang diketahui bisa meningkatkan kemungkinan terjangkit melanoma adalah memiliki banyak tahi lalat atau bintik di kulit, berkulit pucat dan mudah terbakar, memiliki anggota keluarga yang menderita melanoma, serta yang berambut merah atau pirang.

Jadi jika melihat ada perubahan pada bentuk tahi lalat, segera temui dokter. Pada sebagian besar kasus yang ada, jaringan tahi lalat yang dianggap mencurigakan akan diangkat dengan pembedahan dan dipelajari apakah telah menjadi kanker.

Salah satu pencegahan melanoma yang mudah dilakukan adalah gunakan tabir surya dan kenakan pakaian yang lengkap untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak.

Berita tentang kanker melanoma menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia, Selasa (22/5) pukul 13.14 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 100.000 kali. (Popi)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.