Jumat, 17 September 21

Kandaskan Venezuela, Inggris Juara Piala Dunia U-20

Obsessionnews.com – Timnas Inggris U-20 sukses menyabet gelar juara dunia usai mengandaskan perlawanan Venezuela dengan skor tipis 1-0. Dominic Calvert-Lewin menjadi pemain protagonis dalam laga yang dihelat di Suwon, Korea Selatan, Minggu (11/6/2017).

Kemenangan the Young Lions tak hanya ditentukan oleh aksi Calvert-Lewin. Penyelamatan penalti krusial Freddie Woodman pun patut diacungi jempol sehingga tim asuhan Paul Simpson itu memastikan keluar sebagai jawara di turnamen tersebut.

Penampilan the Young Lions di Piala Dunia U-20 ini memang luar biasa. Mereka tampil menjanjikan sejak fase grup dengan menjadi pemuncak Grup A. Mereka terus melaju di babak knock-out, menyingkirkan tim-tim seperti Meksiko dan Italia, hingga akhirnya menembus final.

Di partai puncak, permainan khas ala Inggris sangat merepotkan Venezuela. Serangan yang dilakukan Dominic Solanke Cs. akhirnya menemui hasil sepuluh menit jelang turun minum. Calvert-Lewin sukses menyambar bola muntah hasil sepakannya sendiri yang sempat ditangkis Wuilker Farinez untuk memberikan keunggulan 1-0 bagi Inggris.

Di babak kedua, Venezuela tampil lebih percaya diri dengan mendominasi laga. Tekanan terus dilakukan anak-anak asuhan R Dudamel tersebut. Hasilnya, kesempatan untuk menyamakan kedudukan diraih dimenit ke-74.

Kesempatan itu dating saat Adalberto Penaranda dijatuhkan Jake Clarke-Salter di kotak terlarang. Sayang, eksekusi penalti yang dilakukan Penaranda sendiri berhasil ditepis Woodman. Di sisa laga, timnas Inggris U-20 mampu meredam serangan Venezuela U-20 untuk menyegel gelar.

Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi tim putra Inggris di final Piala Dunia sejak timnas senior mereka menjadi kampiun Piala Dunia 1966. Hebatnya, kemenangan ini hadir setelah sehari sebelumnya tim junior Inggris lainnya berhasil mempertahankan gelar di Turnamen Toulon.

Sebelum laga final digelar, timnas Italia U-20 berhasil mengunci tempat ketiga setelah menekuk Uruguay lewat adu penalti.

Inggris bergabung dengan lima negara lain yang pernah meraih satu gelar Piala Dunia U-20, yakni Ghana, Spanyol, Rusia, Jerman, dan Prancis. Sementara Portugal dan Serbia sudah dua kali meraih gelar tersebut.

Deretan jawaran di turnamen junior ini masih dipegang dua negara Amerika Selatan. Brasil meraih lima kali gelar juara, sedangkan Argentina merupakan negara terbanyak meraih titel dengan enam kali. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.