Minggu, 3 Maret 24

Kampanye Perdana di Merauke, Ganjar Promosikan Program Unggulan Satu Desa Satu Faskes Satu Nakes

Kampanye Perdana di Merauke, Ganjar Promosikan Program Unggulan Satu Desa Satu Faskes Satu Nakes
* Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat berkampanye di Distrik Semangga, Waninggap Nanggo, Kecamatan Semangga, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2023). (ANTARA/HO-Tim Media Ganjar Pranowo)

Obsessionnews.com – Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mempromosikan program unggulan Satu Desa Satu Faskes Satu Nakes saat melakukan kampanye perdananya di Kota Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2023).

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa, Ganjar menjelaskan program unggulan itu ialah setiap desa setidaknya memiliki satu unit fasilitas kesehatan (faskes) memadai dan seorang tenaga kesehatan (nakes) mumpuni guna menyehatkan seluruh warga di pedesaan.

“Program Satu Desa Satu Faskes Satu Nakes ini khususnya di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), seperti di Merauke,” kata Ganjar.

Ganjar tak memungkiri bahwa masyarakat memang mendambakan layanan kesehatan yang dekat, cepat, murah, dan baik. Oleh karena itu program Satu Desa Satu Faskes Satu Nakes itu akan diutamakan di desa-desa kawasan 3T.

Menurut Ganjar, sakit menjadi kekhawatiran utama masyarakat Indonesia, baik di kota maupun di desa. Pasalnya, anggota keluarga yang sakit menjadi tidak produktif.

Selain itu anggota keluarga yang tidak sakit jadi ikut tidak produktif karena harus merawat yang sakit. Maka, tambahnya, idealnya di setiap desa terdapat satu unit fasilitas kesehatan yang layak dan minimal seorang tenaga kesehatan profesional.

Dengan demikian masyarakat desa bisa menjadi lebih sehat, semakin produktif, dan lebih sejahtera.

“Program ini adalah bagian dari komitmen Ganjar-Mahfud untuk membangun sumber daya manusia (SDM) desa,” jelas mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Sementara itu terkait alasannya memilih untuk memulai kampanye Pilpres 2024 dari sebuah desa di ujung timur Indonesia, Ganjar mengaku ingin menyampaikan pesan kuat tentang komitmen Ganjar-Mahfud untuk mendahulukan desa dalam pembangunan.

“Kami akan membangun dari desa. Kalau Indonesia mau dibangun jadi lebih baik, maka desa-desanya harus menjadi lebih baik terlebih dahulu,” ujar Ganjar.

Hal itu pun tak terlepas dari latar belakang pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 itu yang sama-sama tumbuh dibesarkan di desa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (Antara/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.