Jumat, 7 Agustus 20

Kalau Takut Menahan BG, Reputasi KPK Ambruk

Kalau Takut Menahan BG, Reputasi KPK Ambruk

Jakarta – Pengamat Politik Universita Indonesia (UI) Boni Hargens menilai, situasi saat ini sangat ruwet terkait pro kontra penetapan Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan (BG). “Situasi kita tak mudah. Budi Gunawan disetujui DPR untuk menjabat Kapolri sebagaimana diusulkan Presiden Jokowi. Sementara KPK sudah menetapkannya sebagai tersangka kasus rekening gendut,” ungkapnya kepada Obsession News, Jumat (16/1/2015).

“Haruskah Presiden mengesahkan? Keputusan tidak bisa datang dari presiden saja karena kasus BG bisa politis bisa juga murni hukum. Maka, KPK lah yang seharusnya memberikan kepastian dengan segera menahan BG kalau memang ada bukti yang kuat,” tegasnya.

Menurut Boni, keberanian KPK akan menyelamatkan negara dari situasi yang kacau seperti ini. “Dengan menahan BG, KPK dengan sendirinya membantu presiden dalam mengambil keputusan. Kalau KPK tidak bisa membuktikan kesalahan dan menahan BG, maka otomatis tidak salah kalau presiden kemudian melantik BG,” tuturnya.

“Lebih buruk lagi, kalau KPK tidak berani menahan BG maka reputasi dan kepercayaan publik terhadap institusi ini ambruk. KPK akan dituduh bermain politik dalam kasus BG. Sekali lagi, keputusan terbaik tergantung pada keberanian KPK,” tandanya. (Pur)

Related posts