Jumat, 24 September 21

Kalau Menang Pemilu, Suu Kyi Tunjuk Presiden Boneka

Kalau Menang Pemilu, Suu Kyi Tunjuk Presiden Boneka
* Aung San Suu Kyi. (telegraph.co.uk)

Jakarta, Obsessionnews – Saat tokoh oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi hendak memberikan suara pada pemilu tahun ini di tempat pemungutan suara yang terdapat di Basic Education Primary School Number 3, pada Minggu (8/11), kegaduhan justru terjadi.

Suu datang dengan kawalan ketat dan masuk ke dalam ruang sekolah diiringi teriakan “Ama Suu, Ama Suu,” yang dalam bahasa Myanmar berarti “Bunda Suu.”

Memang, pemerintah setempat memberlakukan aturan ketat bagi para wartawan dengan melarang melakukan peliputan di ruang pemungutan suara. Meskipun punya izin khusus, larangan tetap diberlakukan.

Pukul 09.15 waktu Yangon, Suu keluar dari tempat pemungutan suara dan segera disambut banyak wartawan. Dia mengenakan sarung khas warga Myanmar warna putih dan segera meninggalkan kerumunan awak media tanpa memberi komentar apapun.

Suu memang dijagokan bahkan diprediksi mampu memenangi pemilu kali ini yang disebut-sebut paling demokratis selama 25 tahun terakhir. Namun, karena Undang-Undang melarang politisi yang menikah dengan warga asing untuk maju menjadi kandidat Presiden, Suu tak bisa menduduki kursi orang nomor 1 di negeri itu.

Kalau pun menang, Suu diduga bakal menunjuk Presiden boneka yang tunduk atas segala perintahnya.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.