Jumat, 17 September 21

Kalah Adu Pinalti, Brasil Tersingkir di Copa Amerika

Kalah Adu Pinalti, Brasil Tersingkir di Copa Amerika
* Laga harus disudahi melalui adu pinalti setelah kedua tim bermain imbang dalam dua kali 45 menit. (bbc.co.uk)

Chile – Paraguay melaju ke semi final Kejuaraan Copa America 2015 setelah mengalahkan Brasil melalui adu pinalti 4-3 di babak perempat final.

Di semi final, Paraguay ini akan menghadapi Argentina yang sebelumnya mengalahkan Kolombia melalui adu pinalti. Di laga semi final lainnya, Peru akan menantang tuan rumah Cile.

Dalam laga 90 menit, kedua tim bermain imbang 1-1. Melalui penyerang veteran dan mantan pemain Manchester City, Robinho, Brasil unggul lebih dulu di menit ke-15.

Paraguay menyamakan kedudukan pada menit ke-72. Derlis Gonzalez mencetak gol melalui titik pinalti setelah tangan Thiago Silva menyentuh bola di dalam kotak pinalti.

Kekalahan Brasil ini sekaligus mengubur ambisi mereka untuk bangkit setelah kekalahan memalukan 1-7 atas Jerman di semi final Piala Dunia 2014 lalu.

Dua Algojo Brasil Gagal
Dalam drama adu pinalti, Derlis Gonzalez juga menjadi penentu kemenangan bagi Paraguay.
Dua dari lima penendang pinalti Brasil gagal melesakkan bola ke gawang Paraguay. Sepakan pemain cadangan Everton Ribiero dan Diego Costa gagal membobol gawang Paraguay.

Brasil sempat unggul 1-0 di babak pertama melalui gol pemain veterannya, Robinho di menit ke-15. (bbc.co.uk)
Brasil sempat unggul 1-0 di babak pertama melalui gol pemain veterannya, Robinho di menit ke-15. (bbc.co.uk)

Adapun Paraguay hanya sekali gagal yaitu setelah tendangan pemain veteran Roque Santa Cruz melambung di atas mistar gawang.

Sejak 2007, Brasil belum pernah menjuarai tropi Copa America, walaupun telah delapan menjuarainya semenjak kejuaraan ini digelar.

Adapun Paraguay memiliki kesempatan meraih tropi untuk pertama kalinya sejak tahun 1979.

Susunan Pemain:
Brasil – Jefferson, Alves, Miranda, Silva, Luis; Fernandinho, Willian (60 Costa), Elias, Robinho (86 Ribiero), Coutinho; Firmino (69 Tardelli)

Paraguay – Villar; Piris, Aguilar, Valdez, Da Silva; Gonzalez, Benitez, Caceres, Aranda (77 Martinez); Santa Cruz, Valdez( 74 Bobadilla)

Robinho Sesalkan Kekalahan Brasil. (goal.com)
Robinho Sesalkan Kekalahan Brasil. (goal.com)

Robinho Sesalkan Kekalahan Brasil
Penyerang tim nasional Brasil Robinho menyesalkan kekalahan timnya dari Paraguay di babak perempat-final Copa America 2015 lewat drama adu penalti, Minggu (28/6) pagi WIB.

Robinho menilai timnya tidak seharusnya kalah dari Paraguay saat bertemu di babak perempat-final Copa America 2015.

Di pertandingan itu, Robinho membuat Brasil unggul cepat di menit ke-15 dan membawa timnya menguasai pertandingan di babak pertama. Akan tetapi, sebuah penalti yang diberikan wasit kepada tim lawan di paruh kedua berhasil dituntaskan oleh Derlis Gonzalez hingga memaksa laga ditentukan lewat adu penalti.

Di babak tos-tosan tersebut, hanya tiga dari empat pemain Brasil yang bisa melesakkan bola ke gawang, sementara empat pemain Paraguay mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Kegagalan Brasil ini mengulangi catatan sebelumnya, di mana mereka juga kalah dari Paraguay di copa America edisi sebelumnya.

“Sayang sekali, performa kami memburuk di babak kedua, kami sejatinya memiliki kesempatan untuk menuntaskan pertandingan,” ujar Robinho kepada Sportv seusai laga. “Dengan segala hormat, Paraguay bukanlah tim nasional terbaik. Kami sejatinya bisa menang, namun nyatanya kami gagal dan kebobolan lewat kecerobohan. Sungguh disayangkan kami kalah.”

Mantan pemain Real Madrid dan AC Milan itu tidak ikut ambil bagian di drama adu penalti, padahal sejatinya ia ingin melakukannya.

“Saya ingin menjadi algojo penalti, namun saya harus menghargainya, itu adalah keputusan dari pelatih [Dunga]. Yang ingin saya katakan, saya ini biasanya ada di sana untuk mengambil penalti. Kini kami harus terima kekalahan, tim kami harus terus memperbaiki diri. Jika satu kalah, maka semuanya kalah,” tutupnya. (bbc.co.uk/goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.