Sabtu, 20 April 19

Kagum, PSI Langsung Dukung Ahok

Kagum, PSI Langsung Dukung Ahok
* Para fungsionaris Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang berjaket merah mengunjungi markas Teman Ahok di Graha Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (23/3/2016).

Jakarta, Obsessionnews – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung duet Ahok-Heru maju di Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen. Menindaklanjuti dukungannya itu sejumlah fungsionaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI yang berjaket merah mengunjungi markas komunitas relawan Teman Ahok di Graha Pejaten, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (23/3/2016). Mereka diterima oleh para pendiri Teman Ahok.

Fungsionaris PSI mendengarkan pemaparan Teman Ahok dalam gerakan pengumpulan sejuta KTP untuk Ahok.
Fungsionaris PSI mendengarkan pemaparan Teman Ahok dalam gerakan pengumpulan sejuta KTP untuk Ahok.

Teman Ahok adalah pengusung Ahok-Heru di Pilkada DKI 2017.  Ahok, panggilan akrab Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, memilih Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Heru Budi Hartono sebagai wakilnya di pilkada mendatang. Duet Ahok-Heru  resmi dideklarasikan pada Senin (7/3) lalu.

Pertemuan Teman Ahok dan PSI berlangsung santai. Dalam pertemuan tersebut Teman Ahok menceritakan perjuangannya dalam gerakan pengumpulan sejuta KTP. PSI merasa kagum pada Teman Ahok yang berhasil memperoleh KTP dalam jumlah yang besar.

Akun resmi Twitter PSI, @ps_id, Rabu (23/3) menceritakan pertemuan fungsionaris PSI dengan Teman Ahok dan di-mention ke akun Ahok, @basuki_btp, dan akun Teman Ahok, @temanAhok. ”Kunjungan ini adalah tindak lanjut dukungan @ps_id untuk Pak @basuki_btp. cc: @temanAhok,” tulisnya.

Akun @ps_id juga menulis,”Disini kami mendengar secara langsung bagaimana Besarnya dukungan masyarakat untuk perjuangan Bro dan Sis di @temanAhok.”

Ahok Mengalahkan 11 Parpol

Seperti diketahui gerakan pengumpulan sejuta KTP untuk Ahok dimulai sejak Juni 2015. Ketika itu formulir yang diedarkan hanya tercantum dukungan untuk calon gubernur (cagub), yakni Ahok, sedangkan kolom calon wakil gubernur (cawagub) kosong. Adapun perolehan KTP sejak Juni 2015 hingga Rabu (9/3/2016) sebanyak 784.977 KTP.

Keakraban antara fungsionaris PSI dan relawan Teman Ahok.
Keakraban antara fungsionaris PSI dan relawan Teman Ahok.

Dan hebatnya perolehan KTP untuk Ahok tersebut mengalahkan perolehan suara 11 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 di DKI. Yakni, Partai Gerindra sebesar 592.568 suara, PPP (452.224 suara), PKS (424.400 suara), Golkar (376.221 suara), Partai Demokrat (360.929 suara), Hanura (357.006 suara), PKB (260.159 suara), Nasdem (206.117 suara), PAN (172.784 suara), PBB (60.759 suara), dan PKPI (42.217 suara). Tinggal sebuah parpol yang masih berada di atas perolehan KTP untuk Ahok, yakni PDI-P (1.231.843 suara).

Sebenarnya perolehan KTP tersebut melewati syarat minimum pengumpulan KTP, yakni 532.000 KTP. Hal ini berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi pada September 2015 yang mengubah aturan persyaratan pencalonan kepala daerah bagi calon independen untuk Pilkada 2017. Sebelumnya calon independen berdasarkan persentase penduduk, lalu diubah cukup berdasarkan persentase daftar pemilih tetap (DPT) dalam pemilu sebelumnya. Untuk Provinsi DKI Jakarta, syarat minimalnya adalah 532.000 KTP.

Kendati demikian Ahok meminta Teman Ahok tetap mengumpulkan sejuta KTP sesuai target awal. Ahok beralasan apabila ada KTP yang diverifikasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI dan dianggap tak memenuhi syarat, masih ada stok.

Upaya Menjegal Ahok

Sejumlah pihak berupaya menjegal Ahok dengan mempermasalahkan belum tercantumnya nama cawagub pada formulir lama. Untuk itu Teman Ahok memutuskan mengumpulkan KTP ulang yang mencantumkan nama cagub dan cawagub. Penyebaran fomulir dukungan untuk Ahok-Heru  mulai efektif Jumat (11/3/).

Ini berarti Teman Ahok harus berjuang lagi dari nol. Tetapi, mereka tak berkecil hati, karena ternyata antusiasme berbagai elemen masyarakat mendukung Ahok-Heru tinggi. Hal ini terbukti Teman Ahok berhasil memperoleh 209.962 KTP hingga Selasa (22/3).

Teman Ahok menargetkan syarat minimum yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebanyak 532.000 KTP tercapai pada akhir Mei 2016, dan target sejuta KTP terealisir pada akhir Juni 2016. Pendaftaran cagub dan cawagub di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI pada Agustus 2016. Sedangkan Pilkada akan digelar pada 15 Februari 2017.

Sebelumnya Partai Nasdem secara resmi mendeklarasikan dukungannya pada Ahok, Jumat (12/2). Dukungan partai besutan Surya Paloh ini tanpa syarat, yakni Ahok dipersilakan maju lewat jalur independen, dan Nasdem membantu komunitas relawan Teman Ahok dalam percepatan pengumpulan sejuta KTP.

Setelah Nasdem partai lain yang memastikan mendukung Ahok adalah Partai Hanura. Deklarasi dukungan kepada Ahok akan dilakukan Kamis (24/3).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura DKI Jakarta Mohamad Sangaji mengatakan, dukungan ini sudah diputuskan melalui mekanisme partai.

“Kami (akan) deklarasi Kamis. Yang jelas sudah final akan deklarasi konteksnya mendukung Ahok,” ujar pria yang akrab dipanggil Ongen itu di Gedung DPRD DKI, Selasa (22/3).

Ongen menjelaskan, deklarasi akan dilakukan di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura. (arh) @arif_rhakim

Baca Juga:

Luar Biasa! Ahok-Heru Telah Dapat Dukungan 225.202 KTP

Hebat! Perolehan KTP Ahok melonjak Drastis

Partai Hanura Pastikan Dukung Ahok

Ahok Ancam Cabut Izin Perusahaan Taksi

Kaos Teman Ahok Ludes Terjual Kayak Kacang Goreng

PDI-P Dukung Ahok-Heru di Detik-detik Terakhir Pendaftaran?

Nasdem Tak Merasa Terhina Dukung Ahok

Dahsyat! Mengalir Deras Dukungan untuk Duet Ahok-Heru

Anton Medan: Ahok-Heru Duet Dahsyat

Related posts

1 Comment

  1. muherman harun

    Satu juta KTP berhasil dikumpulkan TEMAN AHOK. Hadiah untuk HUT AHOK tanggal 29 Juni mendatang? Hebat. Wujud dedikasi, disiplin, semangat dan kemauan keras secara konsisten dan konsekuen teman-teman AHOK termasuk Grace Natalie, Ketua Partai Solidaritas Indonesia telah menoreh SEJARAH! Proficiat!
    Bagaimana dengan lawan-lawan dari (TEMAN) AHOK? Haji Lulung akan maju PILGUB secara independen menantang AHOK. “Duluan mana, nanti saya KTP-nya sama dia,” sesumbar anggota DPRD DKI dan tokoh pasar Tanah Abang. Haji Lulung meremehkan prestasi Teman Ahok untuk mampu mengumpulkan 1 juta fotokopi KTP. Konon, Lulung sudah ditolak mewakili partainya PPP dalam Pilgub DKI.
    Yusril Ihza Mahendra juga berniat mengumpulkan KTP konon, dari masjid ke masjid. “Insya Allah satu juta suara itu akan kami dapatkan hanya dalam waktu 3-4 bulan,” Nasibnya kurang beruntung, sebab tidak ada dukungan dari partainya sendiri, Sang professor Yusril masih harus mencari Partai pendukung.
    Ketua DPP Bidang Advokasi Partai Gerindra Habiburokhma ikut-ikutan melakukan pengumpulan dukungan KTP. Target dukungan akan lebih banyak dua kali lipat dari yang dikumpulkan relawan Ahok. Ia berjanji menyiapkan sebanyak 2 juta KTP. Ia menegaskan akan “terjun bebas dari Puncak Monas setinggi 132 meter, jika Teman Ahok mampu kumpulkan 1 juta foto kopi KTP”!
    “Saya orang konsekuen. Apa yang saya tulis, saya tetap akan sesuai dengan yang saya tulis,” katanya. Dia tidak mau dibanding- bandingkan dengan bekas Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang berjanji siap digantung di Tugu Monas jika terbukti korupsi satu Rupiah saja dari proyek Hambalang. Kenyataannya, Anas korupsi Rp 100 miliar dan dihukum penjara 14 tahun (sebelum digantung?).
    Serangan Junimart Girsang (PDI-P) menuduh Teman Ahok menerima Rp 30 miliar dari pengembang reklamasi melalui Sunny Tanuwidjaja, asisten AHOK. Tuduhan disangkal Sunny dengan tegas. Sunny terkenal bersih, amat cerdas dan tampaknya, lebih cemerlang ketimbang para lawan AHOK. Seperti biasa pak AHOK geram dan menantang KPK untuk menyelidiki tuduhan Girsang itu. Teman Ahok menepis fitnah itu dan siap diperiksa.
    Akhirnya, salah satu founder dan juru bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas difitnah sebagai bukan pemeluk agama Islam yang menggunakan hijab hanya sebagai taktik politik. “Sudah biasa” kilah Amalia. “Terlalu banyak fitnah yang sudah kami alami, tapi karena ini bulan Ramadhan, kami berharap fitnah ini dapat diluruskan supaya tidak lebih banyak yang berdosa karena prasangka.”
    Untuk TEMAN AHOK dan kepada semua fihak, saya ucapkan: “SELAMAT TEMAN AHOK dengan prestasi tersebut di atas”. Kepada yang menjalankan:”Semoga dilanjutkan Ibadah Puasa sampai tercapai Kemenangan Terakhir!”

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.