Minggu, 3 Maret 24

Kabupaten Pasuruan Miliki Potensi Investasi Besar di Berbagai Sektor Unggulan

Kabupaten Pasuruan Miliki Potensi Investasi Besar di Berbagai Sektor Unggulan
* Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan Andriyanto (tengah) berbincang mengenai potensi bisnis besar untuk investor asing di Pasuruan. (Foto: Dokumentasi Kabupaten Pasuruan)

Obsessionnews.com – Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Jawa Timur, Andriyanto mengatakan, Kabupaten Pasuruan memiliki potensi investasi yang besar. Hal ini tercermin dari beberapa sektor unggulan di Kabupaten Pasuruan yang punya potensi besar jadi ladang para investor untuk berinvestasi, mulai dari sumber daya air, energi, pariwisata, pertanian, perikanan, peternakan, hingga kawasan industri.

Dari sektor sumber daya air, Kabupaten Pasuruan memiliki 471 sumber mata air yang tersebar di seluruh kecamatan. Ada pula Danau Ranu Grati yang terletak di Kecamatan Grati. Sementara di sektor pariwisata, Kabupaten Pasuruan punya potensi di wisata alam, budaya, agro, hingga wisata minat khusus. Tercatat, rata-rata jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pasuruan mencapai 2.378.297 per tahunnya.

Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan Andriyanto.

Adapun potensi di sektor perikanan Kabupaten Pasuruan juga tak kalah mentereng. Berdasarkan data, di tahun 2023 ini produksi perikanan tangkap mencapai 21.000 ton per tahun dengan jumlah 8.543 nelayan aktif yang berasal dari kecamatan Beji, Bangil, Kraton, Rejoso, lekok, dan Nguling. Budidaya air tawar 34,5 hektare tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten pasuruan dengan jenis ikan lele, nila, gurame, mujaer, dan udang gala dengan total produksi mencapai 195,1 ton.

Kemudian di sektor industri, Kabupaten pasuruan memiliki Kawasan Industri PIER seluas 550 hektare dengan lahan yang telah dimanfaatkan sebanyak 36 persen atau sekitar 48 perusahaan yang menggunakan berbagai fasilitas seperti bangunan pabrik siap pakai, listrik 110 MW, instalasi pengolahan limbah, pemadam kebakaran, air bersih, dan pengolahan sampah.

Melansir dari siaran pers, Senin (11/12/2023), realisasi investasi di Kabupaten Pasuruan dalam 5 tahun terakhir tercatat cukup baik:

– Tahun 2019 ditargetkan investasi Rp9 triliun, realisasinya mencapai Rp18,94 triliun.

– Tahun 2020 ditargetkan investasi Rp9,6 triliun, realisasinya mencapai Rp10,03 triliun.

– Tahun 2021 ditargetkan investasi Rp9,6 triliun, realisasinya mencapai Rp7,55 triliun.

– Tahun 2022 ditargetkan investasi Rp10,25 triliun, realisasinya mencapai Rp9,31 triliun.

– Tahun 2023 ditargetkan investasi Rp10,52 triliun, realisasi hingga kuartal III mencapai Rp8,59 triliun.

Sebagaimana diketahui, secara geografis Kabupaten Pasuruan terletak di wilayah segitiga jalur ekonomi. Hal ini bagi Kabupaten Pasuruan sudah barang tentu memberikan keuntungan tersendiri sebagai tempat berusaha.

Kabupaten Pasuruan terletak di Jalan Nasional penghubung Surabaya-Malang. Pasuruan juga berada pada Jalan Nasional penghubung Surabaya-Probolinggo-Jember-Banyuwangi. Selain itu, Pasuruan pun ada pada Jalan Provinsi penghubung Malang-Probolinggo-Jember-Banyuwangi, sehingga sangat potensial untuk dijadikan tujuan investasi. (Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.