Rabu, 20 Oktober 21

Kabareskrim: Kasus AS Sedang Ditangani Penyidik

Kabareskrim: Kasus AS Sedang Ditangani Penyidik

Jakarta, Obsessionnews – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad (AS) dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait pertemuan politik dengan sejumlah petinggi parpol PDIP pada Pilpres 2014 lalu.

Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Komjen Pol Budi Waseso mengatakan pihaknya akan segera memanggil AS atas kasus pelaporan tersebut. Dia mengaku  laporan itu masih dipelajari oleh pihak penyidik Bareskrim Mabes Polri.

“Yang jelas pasti, tapi kalau pemanggilan urusan penyidik,” ujar Budi Waseso di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (31/1/2015).

Namun dia tidak banyak bicara ketika ditanya pelaporan itu masuk ke ranah hukum pidana atau etik.”Pidana kalau etik bukan urusan saya,” ungkap Waseso.

Lagi-lagi Waseso enggan bicara mengenai pasal berapa yang akan dituduhkan kepada AS atas kasus pelaporan tersebut. “Nantilah, inikan baru kewenangan penyidik. Nanti biar penyidik yang menilai soal dijadikan tersangka,” tuturnya.

“Itu biar penyidik yang menentukan. Saya tidak akan mengintervensi, saya hanya mengawasi jalannya supaya benar, supaya tidak ada dugaan kriminalisasi,” tambahnya.

Sekedar diketahui, Abraham Samad dilaporkan oleh Direktur Eksekutif LSM KPK Watch Indonesia , Muhamad Yusuf Sahide terkait kebenaran cerita dalam tulisan “Rumah Kaca” Abraham Samad. AS mengaku tidak pernah bertemu oleh para petinggi partai PDIP. Lantas akibat perkataan itu, Plt Sekjen PDIP Hasto Kristyanto membuka keterangan persnya untuk membuktikan bahwa pertemuan itu benar-benar dilakukan AS. (Purnomo)

Related posts