Senin, 8 Agustus 22

Jutany Japit: Inovasi adalah DNA Kami

Jutany Japit: Inovasi adalah DNA Kami
* Director, Operations Group Head Generali Indonesia Jutany Japit . (Foto: Dok Generali)

Obsessionnews.com – Dunia asuransi bukan hal baru bagi Jutany Japit. Betapa tidak, memulai kariernya sebagai agen di sejumlah asuransi hingga kini ia menjabat COO di Asuransi Jiwa Generali Indonesia pencapaiannya sangat gemilang.

Sebagai seorang COO berpengalaman, Jutany memahami ada banyak perubahan sejak pertama berkarier hingga sekarang.

“Karenanya kita harus bisa gesit bergerak dan melihat peluang untuk mendorong inovasi dan di waktu yang sama terus mengembangkan bisnis, baik secara kualitas maupun ekpansi secara kuantitas,” ujar Junita dikutip dari Majalah Men’s Obsession edisi COO Inspiratif 2022, Selasa (5/7/2022).

Untuk itu pula ia sangat ketat menerapkan bekerja secara team. “Di Generali, kami bekerja sebagai sebuah organisme yang utuh, terdiri dari berbagai bagian yang memiliki peran penting untuk mendukung keberhasilan bisnis. Masing-masing memiliki andil yang saling terkait satu sama lain. Bagi saya penting untuk bisa menyampaikan dengan baik tujuan dan ambisi dari perusahaan kepada tim agar dapat memiliki sebuah keselarasan,” ungkapnya.

Namun, sebagai pemimpin, Jutany juga selalu mendengarkan berbagai ide-ide baru dari tim yang dapat mengakselerasi tercapainya target bisnis. Karena dalam merancang rencana kerja, ia merasa penting untuk mempertimbangkan berbagai hal antara lain key challenges dari berbagai sisi, baik dari aspek nasabah, regulator maupun tren yang berkembang.

“Apalagi saat ini kita mengalami era double disruptions. Selain tantangan percepatan teknologi dan dinamika, juga ditambah dengan adanya tantangan pandemi.” ucapnya.

Tapi di balik pandemi ia justru melihat peluang, yaitu meningkatnya kesadaran dan minat masyarakat untuk memiliki perlindungan yang dapat memproteksi diri dan keluarga di tengah risiko kesehatan yang tinggi.

“Di situlah kami harus memastikan bahwa di tengah kondisi tersebut, kamitetap bisa menjangkau kebutuhan, melayani, dan mendampingi nasabah di masa terpenting,” ujarnya.

Oleh karenanya, customer journey yang  dibangun Generali Indonesia  untuk nasabah saat ini sudah end-toend digital. Dari awal konsultasi dengan agen dan pengajuan asuransi, hinggapengiriman polis dan proses klaim dilakukan secara online.

“Digitalisasi terus kami akselerasi untuk mendampingi nasabah, dan menjawab kebutuhan saat ini maupun kebutuhan mendatang. Kami tetap menempatkan empati dan sentuhan personal pada inovasi yang kami bangun,” paparnya.

Tapi yang pasti, figur perempuan multi tasking yang terbiasa bekerja dalam tekanan ini menegaskan sebagai Chief Operating Officer di Generali Indonesia, ia berupaya menjalankan fungsi di berbagai area untuk memastikan pelayanan terbaik bagi para karyawan, tenaga pemasar, dan nasabah.

“Saya percaya, dalam industri asuransi, pelayanan harus menyeluruh dari presales hingga after sales,” tegasnya.

Teknologi Tanpa Meninggalkan Empati

Berbagai inovasi digital dan TI yang telah dibangun  Asuransi Jiwa Generali Indonesia ini tidak meninggalkan sentuhan kemanusiaannya. Mereka menerapkan high tech dan high touch. Dalam berinovasi secara digital, perusahaan ini juga menekankan rasa empati dan sentuhan kepada calon nasabah.

“Sebagaimana kami sampaikan sebelumnya, customer journey yang kami bangun untuknasabah saat ini sudah end-to-end digital,” ungkap Jutany.

Lebih lanjut Jutany mengemukakan, beberapa hal telah dibangun perusahaan melalui inovasi-inovasi yang terus dikembangkan antara lain:

  • iPropose yaitu platform yang memudahkan nasabah dapat melakukan konsultasi finansialdengan tenaga pemasar Generali dan mengidentifikasi dan memilih kebutuhan proteksi. iPropose juga memberikan rasa nyaman dan tenang dalam bertransaksi dengan adanya verifikasi pada pengajuan, persetujuan polis, serta dalam hal pembayaran premi melalui ponsel pribadi di mana pun dan kapan pun. Dengan aplikasiini, nasabah dapat menjangkau lebih dari 10.000 tenaga pemasar profesional Generali yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan bisa memiliki produk asuransi sesuai dengan tujuan dan keinginannya, hanya dengan menggunakan ponsel.
  • iConnect, yaitu platform digital yang memudahkan agen dalam memberikan pelayanan bagi nasabah.
  • Gen iClick®, yakni melalui aplikasi ini nasabah dengan mudah bisa mendapatkan seluruh informasi terkait polis termasuk detil manfaat polis dan kinerja investasi, riwayat transaksi, melakukan perubahan polis, seperti: alokasi dana investasi, mengatur parameter ARMS, dan merubah data korespodensi.

Selain itu, juga terdapat informasi lainnya seperti daftar rumah sakit rekanan, akses DNA Journal data nasabah yang berupa Nutrigenomic, rancangan olahraga dan ketahanan nasabah      terhadap stres dan kualitas tidur, layanan rumah sakit cepat (discharge-button). Tidak hanya itu, melalui iPropose nasabah bisa juga melakukan pembayaran premi pertama secara online dengan aman dan terverifikasi. Data-data nasabah pun terlindungi dan perusahaan juga sudah tersertifikasi ISO 270001.

  • Dokter Leo, juga merupakan salah satu fitur unggulan dari Gen iClick yang memberikan kemudahan bagi nasabah Generali Indonesia untuk melakukan konsultasi medis dengan dokter profesional secara gratis hanya dengan menggunakan smartphone dari rumah. Teruji klinis dan mengoptimalkan artificial intellingence, fitur ini melakukan symptoms check atau pengecekan gejala serta mendeteksi lebih dari 1000 jenis penyakit. Nasabah dapat dengan mudah berkonsultasi dengan cara live chat, voice call ataupun video call.

Selain dapat melakukan konsultasi virtual, di fitur ini nasabah bisa langsung menebus obat resep yang kemudian langsung dikirimkan ke rumah. Tidak hanya itu, nasabah juga bisa langsung mengajukan klaim secara online.

Inovasi lainnya, Generali Indonesia juga menghadirkan asisten virtual JANE yang bisa diakses 24 jam melalui website www.generali.co.id dan telah terintegrasi dengan nomor WhatsApp 0858-1315- 0037.

Melalui asisten virtual ini, nasabah dan masyarakat dapat mendapatkaninformasi terkait polis atau informasi lainnya terkait Generali.

“Beberapa terobosan tersebut merupakan sebagian dari inovasi yang telah diluncurkan dan terus dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah maupun agen Generali,” pungkasnya. (Rud/MO/Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.