Selasa, 25 Januari 22

Jutaan Pil Yaba Bernilai Rp2 Triliun Disita

Jutaan Pil Yaba Bernilai Rp2 Triliun Disita
* Produksi narkotik buatan dilaporkan meningkat di Myanmar. (bbc.co.uk)

Yangon – Kepolisian Myanmar menyita narkotik di dalam sebuah truk senilai US$100 juta atau sekitar Rp2 triliun di Yangon.

Truk yang berisi sekitar 27 juta pil methamphetamine tersebut ditemukan setelah diabaikan di sebuah kawasan industri di pinggiran kota tersebut.

Penyitaan ini merupakan yang terbesar sejauh ini di Myanmar.

Diperkirakan jutaan methamphetamine tersebut -yang juga dikenal dengan yaba- akan diselundupkan ke negara tetangga Thailand, yang memiliki pecandu yaba yang relatif tinggi.

Myanmar sebelum ini lebih terkenal dengan opium namun dalam beberapa tahun belakangan terjadi peningkatan dalam produksi narkotik buatan.

Myanmar membakar dan menghancurkan obat-obat terlarang pada hari Anti Narkotik, 26 Juni lalu.
Myanmar membakar dan menghancurkan obat-obat terlarang pada hari Anti Narkotik, 26 Juni lalu. (bbc.co.uk)

Laporan-laporan menyebutkan banyak terdapat pusat-pusat produksi narkotik buatan di kawasan yang dilanda konflik di dekat perbatasan Myanmar dengan negara-negara tetangganya.

Perkiraan nilai US$100 juta dalam penyitaan terbaru ini, menurut seorang pejabat yang tidak mau disebutkan namanya kepada kantor berita AFP, didasarkan pada nilai pasar methamphetamine saat ini.

Pada hari Anti Narkotik, 26 Juni lalu, Myanmar membakar dan menghancurkan obat-obat terlarang senilai US$245 juta. (bbc.co.uk)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.