Minggu, 5 Desember 21

Juni, DKR Rayakan Hari Lupus Sedunia

Juni, DKR Rayakan Hari Lupus Sedunia

Jakarta, Obsessionnews – Dalam rangka turut merayakan Hari Lupus Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Mei, Dewan Kreatif Rakyat (DKR) bekerjasama dengan Yayasan Lupus Indonesia (YLI) akan menyelengarakan International Film Festival for Environment, Health and Culture (IFFEHC) yang akan berlangsung dari tanggal 9 Juni sampai dengan 19 Juni 2015.

“Ada lebih dari 250 film dari seluruh dunia yang telah mendaftar untuk mengikuti festival film yang pelaksanaannya telah memasuki tahun ke-3. Tim juri akan memilih sekitar 30 film terbaik untuk dapat ditayangkan pada festival film tersebut,” kata Pendiri dan Direktur festival IFFEHC, Damien Dematra dalam rilis resmi yang diterima Obsessionnews, seusai Konferensi Pers yang diadakan di Pusat Kebudayaan Rusia, Rabu (6/5/2015).

Ketua YLI Tiara Savitri juga mengatakan, rentetan perayaan Hari Lupus Sedunia akan dimulai dengan mengirim Surat Cinta kepada Presiden Jokowi untuk meminta perhatian beliau agar Odapus (Orang yang hidup dengan Lupus), yang diperkirakan berjumlah sekitar 1.500.000 tidak didiskriminasi dengan sistem Kartu Sehat dan BPJS yang sama sekali tidak memberikan keadilan pagi para Odapus.

Diibandingkan pengidap kanker dan AIDS, para Odapus hanya menerima sekitar 20 persen dari biaya pengobatan mereka yang sangat mahal. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa nyawa odapus tidak berharga di mata pembuat keputusan? Selain itu, nanti akan ada Happening Art di Car Free Day.

Begitu juga yang disampaikan Sekretaris Jenderal DKR Dedeh Kurniasih, kreatifitas adalah cara efektif untuk menyalurkan rasa ketidakadilan yang dialami oleh para Odapus.

DKR akan menfasilitasi kreatifitas Odapus lewat acara Happening Art nanti. Hal ini dimulai dengan kolaborasi antara Duta DKR, Natasha Dematra, dan para odapus dengan penampilan bersama lewat lagu Real.

Rangkain acara perayaan Hari Lupus Sedunia ini akan dilanjutkan dengan beberapa program Performing Art dan Craft Bazaar di Bandung dan Lupus Goes to Nature di Parung, yang akan ditutup dengan pemutaran Film Layar Lebar L4 Lupus besutan sutradara Damien Dematra, dan diperankan oleh Virda Anggraini, Natasha Dematra, Ayu Azhari dan Anna Tarigan.

Tak hanya itu, film yang sudah meraih berbagai penghargaan internasional termasuk Platinum Award untuk Virda Anggraini dalam kategori pemeran utama Terbaik dan Natasha Dematra untuk kategori pemeran pembantu utama terbaik dari International Independent Film Awards di AS, akan diputar dalam special screening di sela-sela festival IFFEHC. Dimana Pemutaran film ini terbuka bagi umum sebagai bagian dari kampanye “Jangan Diskriminasi Lupus” dan untuk membentuk Odapus berkualitas dan produktif.

Selain itu, konferensi pers ini juga dihadiri oleh Lily Wahid (Penasihat DKR), Prof. Dr. Zubairi Djoerban (penasihat YLI), Roro Fitria (Duta DKR/artis), Erna Santoso (Penasihat DKR/artis), Veena Mutiram (artis/odapus), dan lain lain. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.