Jumat, 22 Oktober 21

Jumhur Hidayat Serukan Mogok Nasional Pekerja Pelabuhan!

Jumhur Hidayat Serukan Mogok Nasional Pekerja Pelabuhan!

Jakarta – Pemerintah hampir tidak pernah memperhatikan para pekerja pelabuhan atau yang sering disebut Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM). Padahal pekerja di pelabuhan ini sangat strategis karena utamanya memperlancar lalu lintas barang yang nilainya ribuan trilyun rupiah per tahunnya.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPP KSPSI) Moh Jumhur Hidayat saat memberikan pidato sambutan Rakernas Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (FSPTI-KSPSI), Senin (27/11/2017).

Anehnya, menurut Jumhur, belum lagi pemerintah melakukan pembinaan yang layak bagi TKBM, pemerintah melalui Kemenhub malah mau membuat aturan yang bisa meminggirkan para TKBM yang ada sekarang ini.

“Karena itu, saya mendukung bila kalian mogok nasional pada tanggal 4 Desember 2017 mendatang. Karena hanya dengan persatuan dalam perjuangan seperti mogok nasional inilah maka para pekerja pelabuhan akan bisa memperjuangkan hak-haknya!” seru Jumhur disambut gegap gempita para perwakilan pekerja dari seluruh Indonesia.

Jumhur menegaskan, mogok tidak dilarang bahkan dilindungi Undang-undang. “Karena itu para anggota FSPTI-KSPSI harus terus berkonsolidasi, disiplin dan taat pada AD/ART Organisasi,” tegas mantan Kepala BNP2TKI.

Sebelumnya, Ketua Umum FSPTI-KSPSI Surya Batubara mengatakan bahwa FSPTI sudah mengkonsolidasikan para pekerja di berbagai pelabuhan untuk mempersiapkan mogok nasional.

Hadir juga dalam Rakernas itu dari Kemenaker, Kemenkop dan UKM, dan para tokoh senior gerakan pekerja seperti Syukur Syarto dan Abi Sofyan. (*)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.