Kamis, 25 April 24

Jumat, Jokowi Lantik Badrodin Haiti Jadi Kapolri

Jumat, Jokowi Lantik Badrodin Haiti Jadi Kapolri

Jakarta, Obsessionnews – Kepolisian RI segera memiliki pimpinan baru setelah DPR menyetujui pencalonan Komjen Budi Gunawan. Besok, Jumat 17 April 2015 Presiden dijadwalkan akan melantik yang bersangkutan sebagai Kapolri baru di Istana Negara Jakarta.

“Ya besok pelantikan, kan prosesnya sudah selesai di DPR, pak Badrodin sudah bisa dilantik,” ujar Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Tedjo Edhy Purdijatno di kompleks Kepresidenan Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Tedjo mengaku mendapatkan informasi tersebut setelah bertemu Presiden Jokowi di Istana. Menurutnya pelantikan Komjen Badrodin akan berlangsung pukul 09.00 WIB.

Setelah Badrodin resmi menjabat Kapolri, selanjutnya ia akan memilih wakilnya. Tedjo menjelaskan, pemilihan Wakapolri dilakukan oleh Kapolri terpilih bersama dengan dewan jabatan dan kepangkatan tinggi (Wanjakti).

Dia menerangkan Kapolri dan Wanjakti akan memilih satu nama terbaik untuk diusulkan pada Presiden. Meski demikian, keputusan terakhir tetap berada di tangan Jokowi. Sebab, lanjut Tedjo, Presiden bisa saja menolak nama yang diusulkan.

“Ya beliau bisa saja mengatakan ya atau tidak. Tapi biasanya yang dipilih oleh Wanjakti adalah yang terbaik,” katanya.

Tedjo juga tidak menutup kemungkinan apabila nama Komjen Pol Budi Gunawan diajukan sebagai Wakapolri. Dia mengatakan, jika nama yang diajukan tak bermasalah, Presiden pasti akan menyetujui.

Adapun mengenai waktu penetapan Wakapolri, Tedjo mengatakan tidak ada batas waktu. Meski demikian, Kapolri terpilih hendaknya sesegera mungkin memilih satu nama untuk mengisi jabatan yang kosong tersebut.‎ (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.