Sabtu, 25 September 21

Jumat Dini Hari Tol Cipali tak Gratis Lagi

Jumat Dini Hari Tol Cipali tak Gratis Lagi

Jakarta, Obsessionnews – Tarif Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mulai Jumat (26/6/2015) dini hari mulai pukul 00.00 WIB, tak lagi gratis. Setelah sebelumnya digratiskan sejak peresmian oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Juni 2015 lalu.

Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Achmad Gani Ghazali menyatakan, Tol Cipali sudah siap untuk melayani arus lalu lintas secara penuh. Termasuk untuk mudik Lebaran.

Tarif ruas Tol Cikopo-Palimanan, sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 323/KPTS/M/2015 adalah sebesar Rp823 perkilometer, untuk kendaraan golongan I. (Baca juga:  H-7 Lebaran, Truk DIlarang Masuk Tol Cipali)

Besaran tarif adalah sesuai jarak yang ditempuh, misalnya untuk jarak terjauh (dari Cikopo sampai Palimanan), kendaraan Golongan I akan membayar Rp96.000, Golongan II Rp144 ribu, Golongan III Rp192 ribu, Golongan IV Rp240 ribu, dan kendaraan Golongan V akan membayar Rp288.500.

Jalan Tol Cipali merupakan ruas Tol Trans Jawa yang menghubungkan Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Jalan tol sepanjang 116,75 kilometer ini merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dan melintasi lima kabupaten di Jawa Barat, yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon.

Jalan Tol Cikampek Palimanan (Cipali) di Subang Jawa Barat
Jalan Tol Cikampek Palimanan (Cipali) di Subang Jawa Barat

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 13 Juni 2015, jalan tol ini memiliki delapan tempat peristirahatan, tujuh simpang susun dan tujuh tempat pertukaran, antara lain di Cikopo, Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Sumberjaya, dan Palimanan.

Pemerintah mengharapkan beroperasinya Jalan Tol Cipali akan mengurangi jarak tempuh jalur Pantura sepanjang sekitar 40 kilometer dan mengurangi waktu tempuh selama sekitar dua jam. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.