Jumat, 19 April 24

Jumat, 1.464 Orang Ikuti Tes Tertulis Panwascam

Jumat, 1.464 Orang Ikuti Tes Tertulis Panwascam

Semarang, Obsessionnews – Tahapan perekrutan Panwas Kecamatan kini telah memasuki tahapan seleksi tes tertulis yang akan dilaksanakan pada besok Jumat (1/7/2016) secara serentak di 7 Kabupaten/Kota. Total peserta seleksi tertulis berjumlah 1.464 orang.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Tengah, Teguh Purnomo menjelaskan pelaksanaan tes tertulis rata-rata tiap kabupaten/kota dilaksanakan di satu lokasi, kecuali untuk Kabupaten Cilacap dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda.

“Peserta terbanyak berada di Kabupaten Pati yaitu 360 orang dengan jumlah kecamatan 21 kecamatan. Sedangkan yang paling sedikit adalah Kota Salatiga dengan jumlah peserta seleksi 56 orang dengan jumlah 4 kecamatan,” kata dia kepada obsessionnews.com, Kamis (30/6/2016).

Pihaknya menjelaskan lokasi seleksi tes tertulis dan jumlah peserta secara lengkap di 7 Kabupaten/Kota adalah Kota Salatiga diadakan di Aula Kampung Percik dengan jumlah peserta sebanyak 56 orang, Kabupaten Banjarnegara di Aula Setda, Kabupaten Banjarnegara dengan peserta sebanyak 150 orang.

Dilanjut Kabupaten Batang di Gedung Pramuka dengan peserta sebanyak 177 orang, Kabupaten Jepara di Aula SMAN 1 Jepara sebanyak 163 orang, Kabupaten Pati di GOR Pesantenan sebanyak 360 orang, Kabupaten Cilacap di dua tempat yaitu Kampus Unugha sebanyak 128 orang dan Gedung PGRI Sidareja sebanyak 142 orang dan Kabupaten Brebes dilaksanakan di GOR Sasana Kridha Adikarsa sebanyak 288 orang.

“Penyelenggaraan Seleksi Tes Tertulis Panwas Kecamatan ini sepenuhnya adalah tanggung jawab Panwas Kabupaten/Kota mulai dari pengumuman sampai dengan terpilih dan terlantiknya calon anggota Panwas Kecamatan,” ujar Teguh.

Ia menambahkan, dari tes tetulis nantinya akan dipilih paling sedikit 6 orang dengan nilai tertinggi secara berurutan. Untuk tahapan selanjutnya yakni tes wawancara, akan dilaksanakan pada 11-14 Juli 2016 mendatang.

Pihaknya mengklaim jika Bawaslu Provinsi Jateng hanya bertanggung jawab dalam pembuatan soal seleksi tes tertulis. Jumlah soal yang dikerjakan sebanyak 100 soal dengan waktu pengerjaan 120 menit.

“Kami akan melakukan supervisi dan monitoring secara langsung proses persiapan dan pelaksanaan test tertulis yamg akan dilaksanakan di 7 kabupaten/kota”, tandasnya.

Teguh berharap, pelaksanaan tes dapat berjalan dengan baik, sehingga bisa memperoleh lPanwascam yang ahli dalam teknis kepilkadaan, ahli dalam pengawasan, mempunyai integritas tinggi dan berani menghadapi cobaan, baik itu intimidasi ataupun iming-iming suap. (ihy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.