Rabu, 22 Mei 24

Jokowi Wujudkan Swasembada Pangan

Jokowi Wujudkan Swasembada Pangan
* Presiden Jokowi mengunjungi perusahaan alat pertanian PT Jogja Inovasi Teknologi, Madiun, Jawa Timur, Jumat (6/3). (Foto: (GA Semeru/ obsessionnews.com),

Surabaya, Obsessionnews – Dalam rangka mewujudkan swasembada pangan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah di Jawa Timur (Jatim). Setiba di Lapangan Udara Iswahyudi Madiun, Jumat (6/3) pagi, Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi langsung menuju ke Dukuh Jetis, Desa Jetis, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo, dalam rangka panen raya, menanam padi varietas IR 64, dan peletakan batu pertama saluran irigasi.

Seperti telah disampaikan Jokowi beberapa waktu yang lalu, pemerintah kekurangan tenaga kerja di bidang pertanian saat proses panen. Salah satu perusahaan alat pertanian yang turut serta dalam peningkatan produksi pertanian adalah PT Jogja Inovasi Teknologi di Madiun dengan kemampuan produksi 1.200 unit alat pertanian.

Padahal dibutuhkan sekitar 60 ribu unit alat pertanian untuk disebarkan ke seluruh pelosok Nusantara. Alat pertanian ini mampu meningkatkan produksi hasil panen, mampu mengamankan hasil produksi dengan menekan kehilangan hasil utamanya saat panen, dan perontokan mencapai 10 persen. Selain itu alat pertanian ini juga dapat mengatasi kendala kurangnya tenaga kerja panen dan peruntukan pada saat musim panen raya, efisiensi biaya panen, dan perontokan.

Didampingi beberapa menteri Kabinet Kerja, Jokowi kemudian melanjutkan sholat Jumat di Masjid Agung R. M. A. A. Tjokronegoro Kabupaten Ponorogo. Seusai sholat Jumat, Jokowi, Ibu Negara, dan rombongan menikmati kuliner sate ayam H. Tukri Sodikun. Selanjutnya Jokowi melakukan panen raya jagung varietas poiner 27 dan menanam kedelai di Desa Sukun, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Ponorogo.

Sorenya Jokowi beserta rombongan melanjutkan peninjauan ke pabrik pembuatan alat mesin pertanian (alsintan) kombine harvester di PT Mitra Maharta di Kelurahan Mlilir Kabupaten Madiun. Setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi PT Industri Kereta Api (INKA) di Kota Madiun. (GA Semeru)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.