Sabtu, 23 Oktober 21

Jokowi Utus Menlu Resmikan Konsul Kehormatan RI di Ramallah

Jokowi Utus Menlu Resmikan Konsul Kehormatan RI di Ramallah
* Presiden Jokowi.

Jakarta, Obsessionnews – Konsulat Kehormatan RI di Kota Ramallah, Palestina, akan diresmikan pada 13 Maret, hanya berselang satu minggu setelah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Kerja sama Organisasi Islam di Jakarta, 6-7 Maret 2016.

Terkait rencana peresmian tersebut Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih atas persetujuan yang diberikan Palestina. Presiden memutuskan tidak akan ke sana, hanya akan mengutus Menlu RI ke Ramallah mewakili pemerintah RI untuk memimpin peresmian.

“Keberadaan Konsul Kehormatan merupakan langkah awal untuk meningkatkan dukungan Indonesia bagi kemerdekaan Palestina serta mendorong penguatan hubungan bilateral,” kata Presiden Jokowi di Jakarta, Minggu (6/3/2016).

Pembukaan Konsulat Kehormatan RI di Ramallah ini tidak hanya akan mempererat hubungan bilateral kedua negara tetapi juga membawa berbagai manfaat dalam kerja sama perdagangan, investasi, dan akan pariwisata.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyatakan pembukaan konsulat kehormatan tersebut merupakan salah satu langkah menuju representasi utuh Indonesia di Ramallah, selain dukungan lain berupa kesediaan Indonesia menjadi tuan rumah KTT LB OKI ke-5.

Melalui konferensi tersebut, Indonesia ingin mengembalikan isu Palestina dan Al-Quds Al-Syarif sebagai perhatian utama dunia internasional. Oleh karena itu, kata Menlu KTT ini sangat penting artinya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.