Rabu, 27 Oktober 21

Jokowi Undang Sultan Brunei Hadiri KTT Asia Afrika

Jokowi Undang Sultan Brunei Hadiri KTT Asia Afrika

Bandar Seri Begawan, Obsessionnews – Indonesia akan bertindak selaku tuan rumah peringatan ke-60 tahun Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika yang akan dilaksanakan pada bulan April 2015 mendatang. Salah satu yang turut ‎diundang hadir dalam even internasional itu yakni Sultan Brunei Darusalam Hassanal Bolkiah.

Undangan itu telah disampaikan Presiden Jokowi langsung kepada Sultan Hassanal di sela-sela pertemuan bilateral ‎keduanya di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan, Sabtu (7/2/2015).

“Dalam pertemuan tadi bapak presiden sudah sampaikan secara lagngsug undangan resmi kepada Sultan Brunei,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi presiden di pertemuan tersebut.

‎Sebanyak 109 kepala negara dan 25 organisasi internasional akan hadir. Menurut Retno acara ini akan diisi dengan dua agenda besar, yaitu KTT negara-negara Asia Afrika, dan peringatannya.‎

Untuk acara KTT Asia Afrika di Jakarta akan diselenggarakan pada 19-24 April, sedangkan acara peringatan akan dilaksanakan di Bandung, pada 24 April 2015.

Acara di Jakarta terdiri dari beberapa pertemuan, dimulai dengan pertemuan tingkat pejabat tinggi, diteruskan dengan pertemuan tingkat menteri, dan akan diakhiri dengan pertemuan tingkat kepala negara atau pemerintahannya.

Sedangkan untuk penyelenggaraan 60 tahun KTT Asia Afrika akan dilakukan dalam dua sesi acara yakni Asia Africa (AA) Business Summit dan Asia Africa Carnaval yang akan dikelola oleh Walikota Bandung serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Adapun tema utama yang akan ditonjolkan Indonesia dalam acara ini adalah perkuatan, kerjasama Selatan-Selatan. Tema tersebut bisa mendorong‎ kerjasama Selatan-Selatan ini memberikan kontribusi terhadap upaya perdamaian dan kesejahteraan dunia. (Has)

Related posts